Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Olah 'Rasa' Yuk, di Gilang Ramadhan Studio Band

Kamis 30 Aug 2012 12:58 WIB

Red: Miftahul Falah

Drummer Gilang Ramadhan saat menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan alat musik drum.

Drummer Gilang Ramadhan saat menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan alat musik drum.

Foto: Antara/Fanny Octavianus
RHYTHM adalah ekspresi rasa dalam musik yang berlandaskan pada denyut tempo kehidupan. Setiap orang yang hidup, dapat merasakan ritme tempo. Tempo dalam musik dapat dinyatakan secara abstrak, seperti pada musik-musik klasik. Namun pada umumnya, musisi memainkan tempo yang konkret sebagai landasan rasa dari sebuah lagu. 

Rhythm adalah landasan dari semua jenis musik kontemporer masa kini, yang perlu dikuasai oleh semua musisi untuk semua jenis instrumentasi dan corak musik. Berbagai genre musik kontemporer seperti jazz, rock, soul, dan lain sebagainya memiliki pola-pola ritem yang khas, di samping elemen musik lainnya seperti progresi dan struktur harmoni. Penguasaan dan pengertian pola-pola ritem ini perlu dipelajari dan diketahui sejak awal oleh siswa-siswa calon musisi.   

Pembelajaran dan pelatihan yang juga penting dalam bermain band adalah pendengaran atau ”ear-training”. Melalui tahapan program ”ear-training” yang dipelajari secara integratif dengan landasan teori musik, siswa calon musisi memperoleh wawasan fondasi bermusik yang terarah berstandar pada kualitas internasional. 

G R S B - Gilang Ramadhan Studio Band menyediakan program praktis bagi kita yang ingin mengolah-rasa, khususnya "time feel" yang sangat vital bagi semua musisi dan non-musisi untuk menemukan bakatnya dalam bermain musik. Melalui tahapan pembelajaran dan pengetahuan standar repertoar dari berbagai genre musik kontemporer masa kini, siswa-siswa GRSB akan memiliki wawasan pengetahuan serta teknik yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang tingkat profesional.

Berdiri pada tahun 2007 dengan nama Gilang Ramadhan Studio Drummer (GRSD). Pada awal tahun 2010, GRSD berubah menjadi GRSB (Gilang Ramadhan Studio Band), di mana program-program pendidikan yang kami berikan bukan hanya pada pendidikan Drum, tetapi juga Guitar, Keyboards, Vocal, Band. Kini, GRSB hadir hampir di 30 kota besar di Indonesia.




@GRSBPusat


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA