Ahad 26 Aug 2012 16:40 WIB

Djokovic Optimistis Pertahankan Gelar

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Dewi Mardiani
Novak Djokovic
Foto: AP
Novak Djokovic

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Kejuaraan AS Terbuka akan menjadi ajang kebangkitan bagi petenis Serbia, Novak Djokovic. Setelah mengalami pasang surut di berbagai kejuaraan sebelumnya, Djokovic kini memiliki ambisi dan keyakinan tinggi untuk mempertahankan gelar AS terbuka.

Prestasi petenis 25 tahun ini memang sedang tidak stabil. Maklum, pada Olimpiade London 2012, Djokovic harus tersingkir di semifinal setelah ditaklukkan Andy Murray dengan 7-5 dan 7-5 di babak semifinal, Sabtu (4/8) dinihari WIB. Namun, pria yang memiliki 188 cm ini berhasil menebus kegagalannya itu dengan membayarnya di ajang Rogers Cup sembilan hari berselang.

Djokovic sedikit mendapat keuntungan dengan ketidakikutsertaan Roger Federer dan Rafael Nadal. Alhasil, Djokovic pun sukses meraih gelar Rogers Cup 2012 usai menaklukkan Richard Garquet secara meyakinkan di final. Djokovic menang 6-3, 6-2.

Sebelum menjalankan tekat mempertahankan gelar Grand Slam AS yang ia raih pada 2011, Djokovic terlebih dahulu mendapatkan kesempatan pemanasan dengan berlaga di ajang Cincinnati Masters. Di ajang ini Djokovic tidak mampu meraih gelar lantaran kalah di partai final melawan Roger Federer.

Dalam laga yang dihelat di Lindner Family Tennis Center, Ahad (19/8), Djokovic harus mengakui keunggulan Federer setelah kalah 0-6, 6-7. "Mental saya memang sedang naik turun di sepanjang musim ini. Tapi kalau ditinjau dari fisik, saya merasa lebih kuat dan siap untuk menjalani AS Terbuka tahun ini," kata Djokovic dilansir ATP World Tour, Sabtu (25/8).

Djokovic mengaku optimistis bakal menambah gelar juaranya. Alasannya, keberhasilan menjadi juara di Toronto dan menjadi finalis Cincinnati merupakan modal bagus untuk tampil di AS terbuka. Apalagi, diakuinya, turnamen lapangan keras merupakan arena favoritnya dalam  bertanding.

Ia mengaku hanya akan fokus pada pertandingan dan memenangkan setiap laga yang dijalani. AS Terbuka akan digelar pada Selasa (28/8) di Flusing Meadows. Djokovic akan menjalani laga pembuka melawan petenis Italia, Paolo Lorenzi. Djokovic hadir sebagai juara setelah berhasil menjuarai AS Terbuka 2011 usai mengalahkan juara bertahan Rafael Nadal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement