Selasa, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Selasa, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Indonesia Kirim Empat Atlet ke Paralympic London 2012

Jumat 24 Agu 2012 20:47 WIB

Red: Heri Ruslan

Jelang Olimpiade Paralympic 2012 : Atlet Paralympic Indonesia yang akan berlaga di ajang Olimpiade Paralympic London 2012 dari cabang angkat berat, Ni Nengah Widi Asih, menjalani pengambilan data biometric visa di Kantor UK Border Agency, Deutsche Bank Bui

Jelang Olimpiade Paralympic 2012 : Atlet Paralympic Indonesia yang akan berlaga di ajang Olimpiade Paralympic London 2012 dari cabang angkat berat, Ni Nengah Widi Asih, menjalani pengambilan data biometric visa di Kantor UK Border Agency, Deutsche Bank Bui

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Indonesia mengirimkan empat atlet ke Paralympic London 2012. Keempat atlet tersebut adalah Ninengah Widiasih pada cabor angkat besi, Setyo Budi Hartanto pada cabor atletik, Agus Ngaimin pada cabor renang, dan David Dian Michael Yakob pada cabor tenis meja.

"Saya berharap atlet paralympic Indonesia bisa merebut medali baik itu emas, perak, maupun perunggu dan juga prestasi mereka bisa melebihi atlet Olimpiade Indonesia," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng pada acara Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Paralympic Indonesia, London 2012 di Wisma Menpora, Jakarta, Jumat (24/8).

Andi mengatakan bahwa meskipun atlet yang berlaga pada Paralympic London 2012 kali ini hanya empat orang, namun dia yakin bahwa mereka bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Kontingen Paralympic Indonesia terbilang beruntung dibanding kontingen Olimpiade London 2012. Menurut informasi yang diterima Republika Online, dengan jumlah atlet sebanyak empat orang, kontingen Paralympic 2012 mendapat dana dari pemerintah sebesar Rp 6 miliar.

Sedangkan, kontingen Olimpiade London dengan total atlet 22 orang dan ofisial 22 orang hanya mendapat dana Rp 20 miliar. Dengan dana sebesar itu, kontingen Olimpiade London berhasil mempersembahkan medali perak dan perunggu.

Dalam pelepasan kontingen, Andi mengatakan bahwa potensi atlet Indonesia sangat besar, oleh karena itu diharapkan pada gelaran Paralympic selajutnya jumlah atlet yang dikirimkan bisa ditambah.

"Saya yakin mereka akan memberikan yang terbaik, dan saya melihat mereka telah siap untuk bersaing dan mengharumkan nama bangsa, mereka adalah beberapa atlet terbaik di Asia Tenggara dan telah berprestasi di Asian Paragames," kata Andi.

Sebelumnya, pada Selasa (7/8), Ketua Kontingen Paralympic Indonesia James Tangkudong mengatakan bahwa Tim Paralympic Indonesia memasang target bisa mendapatkan medali pada gelaran olahraga Paralympic London 2012, yang akan mulai digelar pada 29 Agustus 2012 mendatang.

"Target kami adalah memberikan yang terbaik, dan kami mengharapkan bisa menyumbang medali untuk Indonesia," kata James di Jakarta.

James mengatakan target tersebut merupakan target yang paling baik karena selama ini Tim Paralympic Indonesia belum pernah medapatkan medali apapun dalam kompetisi bergengsi tersebut.

"Peluang kita dengan atlet-atlet yang lain itu sama, oleh karena diharapkan bisa mendapatkan medali apapun, baik perunggu maupun perak, namun akan sangat bersyukur apabila bisa meraih medali emas," katanya.

Sebanyak 4.200 atlet paralympic dari 150 negara akan berkompetisi pada 471 pertandingan olahraga di Paralympic London 2012, sementara jumlah atlet dan ofisial dari Indonesia yang dikirimkan hanya sepuluh orang yang terdiri dari empat orang atlet dan enam ofisial.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA