Dua Masjid Suci Miliki Sistem Pengeras Suara Terbaik di Dunia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Djibril Muhammad

 Jumat 17 Aug 2012 11:29 WIB

Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Foto: Prasetyo Utomo/Antara Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Dua masjid suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memiliki sistem pengeras suara terbaik di dunia. Sistem suara tersebut menjadi medium penghubung antara ratusan ribu jamaah dengan imam.

Manajer Proyek dan Studi Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Abdul Muhsin Bin Hamid mengatakan suara menjadi medium paling efektif dan nyata dalam mengkomunikasikan ajaran Islam. Karena itu, peran sistem pengeras suara yang digunakan kedua masjid suci sangat penting.

"Ada lebih dari 3 ribu pengeras suara didistribusikan di setiap koridor dalam dan luar Masjidil Haram. Pada acara khusus, pengeras suara ini akan mampu menjangkau sejumlah wilayah dekat Masjidil Haram," papar dia seperti dikutip alarabiya.net, Jumat (17/8). Soal kualitas suara, lanjut dia, tidak diragukan.

Sementara, di Masjid Nabawi, sistem pengeras suara yang digunakan serupa dengan yang dimiliki Masjidil Haram. Yang hebat, setiap adzan, khutbah dan shalat direkam secara otomatis dalam studio. Para jamaah dapat memperoleh rekaman itu dalam bentuk keping cakram dan flash drive.

"Studio mampu merekam lebih dari 100 ribu jam," papar Manager Studio Audio Masjid Nabawi, Abdullah Al-Honeini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X