Rabu 15 Aug 2012 15:03 WIB

Tersengat Lebah? Jangan Cemas, Lakukan Saja Ini

Sengatan lebah
Foto: telegraph.co.uk
Sengatan lebah

REPUBLIKA.CO.ID, Jika terkena sengatan lebah, biasanya akan menyebabkan reaksi lokal sementara seperti memerah ataupun membengkak. Namun, bila yang tersengat memiliki alergi terhadap sengatan serangga tertentu, maka hal sepele ini bisa mengancam hidupnya dan sangat membutuhkan pertolongan dengan segera.

Beberapa serangga yang memiliki sengatan berbahaya adalah tawon, lebah madu, kutu kerbau, dan semut api. Di dalam buku berjudul ‘First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat’ yang ditulis oleh Stanley M. Zildo, sengatan serangga yang berbahaya dapat berupa memerah, bengkak, nyeri, atau gatal di tempat sengatan atau bisa juga gigitan serangga akan terasa panas.

Tindakan yang harus segera dilakukan dengan segera adalah :

1. Saat lebah madu menyengat anda, biasanya sengatan lebah masih menancap. Cabut dengan segera sengatan tersebut secara hati – hati menggunakan kuku jari. Jangan pencet kulit anda karena akan menyebabkan racun bisa bertambah masuk kedalam tubuh.

2. Segera cuci daerah yang tersengat dengan air dan bersihkan dengan sabun.

3. Kompres kulit dengan air dingin atau es untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun kedalam tubuh.

4. Oleskan krim atau obat khusus ke kulit. Baking soda juga dapat meringankan luka sengatan. Tambahkan sedikit air untuk mengurangi rasa tidak nyaman di kulit.

sumber : lapar.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement