Jalur Gentong Masih Sepi

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Hazliansyah

 Senin 13 Aug 2012 15:49 WIB

Suasana sejumlah kendaraan memadati ruas jalur lalu lintas di kawasan Pasar Lewo, Jawa Barat, Senin (13/8). Setidaknya terdapat tiga lokasi rawan kepadatan kendaraan bermotor di jalur Bandung-Ciawi-Tasikmalaya. yaitu Gerbang Tol Cileunyi memasuki Jalan Cip Foto: Republika/Adhi Wicaksono Suasana sejumlah kendaraan memadati ruas jalur lalu lintas di kawasan Pasar Lewo, Jawa Barat, Senin (13/8). Setidaknya terdapat tiga lokasi rawan kepadatan kendaraan bermotor di jalur Bandung-Ciawi-Tasikmalaya. yaitu Gerbang Tol Cileunyi memasuki Jalan Cip

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Arus kendaraan dari Jakarta dan Bandung yang akan menuju ke Tasikmalaya dan kota-kota di Jawa Tengah maupun arah sebaliknya pada H-6 Lebaran belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. 

Berdasarkan pantauan Republika di sepanjang Jalan Raya Gentong, Tasikmalaya, Senin (13/8), arus kendaraan terlihat ramai lancar.  Fakta tersebut didukung oleh data yang dihimpun dari Posko Jembatan Timbang Gentong, Tasikmalaya.

Sampai dengan pukul 13.00 WIB, total kendaraan yang bergerak menuju Tasikmalaya (barat ke timur) berjumlah 2.186 unit terdiri dari 1.063 kendaraan roda empat dan 1.123 kendaraan roda dua.  Sedangkan total kendaraan yang bergerak menuju Garut (timur ke barat) berjumlah 2.197 unit terdiri dari 1.266 kendaraan roda empat dan 931 kendaraan roda dua. 

Secara keseluruhan, jumlah kendaraan roda empat yang melintas berjumlah 2.329 unit.  Sementara jumlah kendaraan roda dua yang melintas berjumlah 2.054 unit. 

Jumlah tersebut diprediksi tidak akan berbeda jauh dibandingkan hasil rekapitulasi pada 12 Agustus 2012 atau H-7 Lebaran. 

Pada H-7 Lebaran, jumlah kendaraan roda empat yang melintas berjumlah 13.315 unit.  Sementara jumlah kendaraan roda dua yang melintas berjumlah 11.779 unit. 

"Secara keseluruhan, dalam dua hari ini belum terjadi peningkatan arus kendaraan," kata salah satu petugas di Posko Jembatan Timbang Gentong, Tasikmalaya, Endang Jawari kepada Republika

Sebagai gambaran, pada H-6 Lebaran 2010, jumlah kendaraan roda empat yang melintas berjumlah 9.166 unit.  Sementara jumlah kendaraan roda dua yang melintas berjumlah 7.034 unit. 

Sedangkan pada H-6 Lebaran 2011, jumlah kendaraan roda empat yang melintas berjumlah 13.902 unit.  Sementara jumlah kendaraan roda dua yang melintas berjumlah 11.150 unit.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X