Jumat 10 Aug 2012 10:43 WIB

Rebut Emas 200 Meter, Bolt Jadi Legenda

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Hafidz Muftisany
Selebrasi Usain Bolt setelah menjuarai lari 200 m di Olympic Stadium
Foto: AP Photo/The Canadian Press, Sean Kilpatrick
Selebrasi Usain Bolt setelah menjuarai lari 200 m di Olympic Stadium

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON — Pelari Usain Bolt terus membuat sensasi di lapangan. Usai mempertahankan medali emas di nomor 100 meter (m) putra, kali ini dia melakukan hal serupa di nomor 200 m. Bolt sukses mengamankan medali emas tetap digenggamannya dalam dua edisi olimpiade.

Prestasi yang diukir pelari Jamaika tersebut berarti mempertahankan status sebagai manusia tercepat di lintasan. Atlet Jamaika tampak mendominasi lintasan. Buktinya posisi podium juara direbut mereka semua.

Bermain di Olympic Stadium, Jumat (10/8) dini hari WIB, Bolt mampu menjadi yang terdepan di garis finis dengan membukukan waktu 19,32 detik. Capaian pelari berusia 25 tahun itu lebih rendah 0,02 detik dibanding saat dia meraih medali emas di Olimpiade Beijing. Dia juga gagal mempertajam rekor dunia yang diukirnya pada 2009 dengan torehan 19,19 detik.

Adapun media perak jatuh ke tangan mitra latihannya, Yohan Blake, yang terpaut 0,12 detik. Blake yang sempat membuat beberapa pencapaian lebih baik daripada Bolt diunggulkan untuk memenangkan nomor tersebut.

Bahkan komentator mengamati Bolt beberapa kali melirik Blake selama lomba berlangsung untuk memastikan bahwa ia berada di garis terdepan. Peringkat ketiga ditempati Warren Weir dengan catatan waktu 19,84 dan berhak atas medali perunggu.

Bolt sadar namanya sekarang tercatat dalam buku sejarah. Dia menjadi pelari pertama sepanjang yang sukses merebut empat medali emas di nomor 100 m dan 200 m dalam dua edisi olimpiade. Karena itu ia tampak lepas kendali dalam melakukan selebrasi di depan 80.203 penonton yang memadati arena pertandingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement