Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Timnas Meksiko Bakal Lawan Jepang di Semifinal Olimpiade

Ahad 05 Aug 2012 05:19 WIB

Red: Heri Ruslan

Kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida.

Kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --  Meksiko akan menghadapi Jepang di semifinal sepak bola putra Olimpiade, setelah mengalahkan Senegal 4-2, melalui perpanjangan waktu pada laga perempat final yang berlangsung sengit, disaksikan 82.000 penonton di Stadion Wembley, Sabtu (Minggu WIB).

Meksiko, yang unggul 2-0 pada babak kedua, harus kemasukan dua gol oleh debutan Afrika tersebut sehingga skor berubah menjadi 2-2, sebelum Giovani Dos Santos membawa mereka kembali unggul pada menit ke-98, ketika ia memanfaatkan kesalahan Papa Gueye untuk menyarangkan gol ketiganya di turnamen ini.

Pemain pengganti, Hector Herrera, mengubah kedudukan menjadi 4-2 pada menit ke-109, ketika ia melepaskan tandukan menyusul lemahnya pertahanan Senegal yang membuat Meksiko melaju ke semifinal untuk pertama kalinya sejak mereka menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1968.

Jepang juga melaju ke empat besar untuk pertama kalinya sejak mereka mengalahkan Meksiko untuk meraih medali perunggu pada 1968, setelah menjaga gawangnya sama sekali tidak kemasukan pada empat pertandingan dengan kemenangan 3-0 atas Mesir.

Tim Afrika Utara tersebut harus bermain dengan spuluh pemain pada menit ke-41 pada laga yang dilangsungkan di Stadion Old Trafford, Manchester, di mana 70.000 penontin menyaksikan laga itu.

Dua semifinalis lainnya akan diketahui setelah pertandingan Sabti malam, setelah favorit peraih medali emas, Brazil, menghadapi Honduras di Newcastle (1600 GMT) dan tuan rumah Inggris Raya, bermain melawan Korea Selatan di Cardiff (1830 GMT).

Pertandingan Jepang melawan Meksiko akan dimainkan di Wembley pada Selasa, sedangkan pertandingan lainnya dimainkan di Old Trafford pada malam yang sama.

Meksiko melaju

Setelah pertandingan berlangsung selama satu jam lebih, Meksiko terlihat berada di jalan yang tepat untuk melaju ke semifinal, ketika mereka unggul 2-0 berkat Jose Enriquez menyambut tendangan bebas Dos Santos pada menit ke-10.

Mereka menggandakan keunggulan pada menit ke-63, ketika Javier Aquino menembak bola liar di dalam kotak penalti dan berbuah gol.

Senegal, yang tampil cukup impresif di fase grup, berupaya memberi perlawanan, dan setelah mendapat sejumlah peluang, mereka akhirnya mampu memperkecil ketinggalan melalui tandukan Moussa Konate menyambut umpan silang Pape Souare di menit ke-69.

Itu merupakan gol kelima Senegal di turnamen ini, dan ia mencetak kelima gol tersebut.

Namun tujuh menit berselang, pemain pengganti, Ibrahima Balde, menemani dia di papan skor, ketika ia menyambut tendangan penjuru Souare dengan tandukan yang tidak dapat dihentikan kiper Meksiko.

Kedua kiper - Jose Corona dari Meksiko dan Ousmane Mane dari Senegal - melakukan sejumlah penyelamatan bagus untuk memukau para penonton saat laga yang menghibur ini memasuki menit-menit akhir waktu normal.

Jepang ke semifinal

Pada pertandingan pertama Sabtu, Kensuke Nagai membawa Jepang unggul pada menit ke-14 di Old Trafford, dan mereka memastikan kemenangan pada 12 menit terakhir melalui  sundulan-sundulan dari Maya Yoshida dan Yuki Otsu.

Mereka mengambil keuntungan penuh dari diusirnya Saad Saadeldin pada menit ke-41, akibat pelanggarannya terhadap Manabu Saito.

Jepang, yang tim sepak bola putrinya juga mencapai semifinal di Olimpiade, unggul ketika Nagai memaksimalkan keuntungan dari tabrakan yang dialami kiper Mesir, Ahmed Elshenawi, dan beknya, untuk menyarangkan gol kedua dia di turnamen.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA