Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Alhamdulillah, Masjid Kayu Berusia 300 Tahun Ini Berhasil Diselamatkan

Kamis 02 Aug 2012 13:06 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Endah Hapsari

Masjid kayu di Turki

Masjid kayu di Turki

Foto: hurriyetdailynews.com

REPUBLIKA.CO.ID, YENIDOGAN--Masjid kayu berusia 300 tahun yang berlokasi di Yenidogan, Provinsi Samsun, Turki berhasil diselamatkan dari kehancuran. Sebelumnya, masjid ini sempat dijual kepada seorang pengusaha roti lokal yang berencana mencopoti struktur bagian bawah bangunan guna diambil kayunya.

Adalah Gubernur Samsun, Kadir Percin merupakan pihak yang membatalkan niatan tukang kayu itu. Ia bersama timnya tengah menjalani protek Ambarkoy, yakni proyek perlindungan kayu. Dari timnya, ia mendengar ada rencana pengusaha roti lokal hendak menghancurkan bangunan masjid. "Kami akhirnya membeli kembali masjid itu guna melindungi nilai sejarah masjid kayu," papar dia seperti dikutip hurriyetdailynews.com, Kamis (2/8).

Percin menjelaskan sepanjang sejaragnya, masjid kayu terlah direnovasi selama tiga kali. Untuk melestarikan bangunan, masjid seluas 200 meter persegi itu akan direnovasi guna menjaga struktur bangunan. "Kami jelas tidak mau membiarkan bangunan masjid di rusak, lalu kami beli bangunan itu 2.500 Turki Lira," kata dia.

Menurut Percin, ia akan mempertahankan fondasi dasar masjid. Lalu perubahan kecil akan dilakukan seperti pembuatan pintu masjid. "Bangunan asli tidak memiliki pintu, sehingga kami buatkan pintu. Sisanya, tetap seperti semula. Insya Allah, selesai tiga bulan," ujarnya.

sumber : hurriyetdailynews.com
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA