Senin 30 Jul 2012 14:36 WIB

Korea Utara Raih Emas Pertama Lewat Judo

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Hafidz Muftisany
An Kum Ae
Foto: asia.eurosport.com
An Kum Ae

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-Korea Utara memperoleh medali emas pertamanya di Olimpiade London 2012 lewat cabang olahraga judo.

Adalah  An Kum Ae, yang berhasil mempersembahkan medali emas bagi negaranya lewat pertarungan dramatis melawan Yanet Bermoy Acosta asal Kuba pada kelas 52kg putri di ExCel, Olympic Park, London, Ahad (29/7) waktu setempat.

An memastikan diri merebut emas dari tangan Bermoy ketika pertarungan menyisahkan dua menit lagi. Sebuah yuko dengan sapuan kaki yang didaratkan An ke arah Bermoy menjadi penentu kemenangan judoka Korea Utara itu. 

Bagi An kemenangan ini merupakan peningkatakan prestasi di ajang olimpiade. Empat tahun lalu di Olimpiade Beijing, judoka berusia 32 tahun ini hanya mampu merebut medali perak. 

"Saya senang bisa merebut medali emas. Dengan kemenangan ini saya berhasil mengharumkan nama negara saya," kata An usai pertandingan seperti dikutip Reuters. 

Judoka ranking 25 dunia ini bahkan mempersembahkan medali emas yang diraihnya untuk pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. "Medali emas ini saya dedikasikan untuk pempimpin Korea utara, Kim Jong Un. Mudah-mudahan membawa kebahagiaan," ujar An. 

Perjalanan An meraih medali emas di Olimpide London boleh dikatakan mengagumkan. An mengalahkan juara dunia asal Jepang sekaligus favorit juara di Olimpiade London, Misato Nakamura. Tidak hanya itu, An juga menekuk judoka tuan rumah, Sophie Cox di putaran pertama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement