Jumat 27 Jul 2012 07:00 WIB

Hari Ini Pesta Dunia Dimulai

Rep: abdullah sammy/ Red: M Irwan Ariefyanto
Suasana Olympic Park London di malam hari
Foto: ap
Suasana Olympic Park London di malam hari

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Ibu Kota Inggris, London siap menggelar pesta untuk seluruh dunia. Tepat pada Jumat (27/7), ajang olahraga paling bergengsi Olimpiade akan digelar di tanah Britania Raya. Gelegar pesta sudah tampak sehari sebelum pembukaan yang akan berlangsung Olympic Park.

 

Kota London diserbu oleh pendukung dari belahan Negara di dunia.  Seperti dilaporkan wartawan Republika dari London, Abdullah Sammy, di bandara Heatrow, ratusan supporter Cina tampak memasuki gergang masuk Inggris itu dengan menumpang pesawat Emirates dari Dubai. Selain Cina, para pendukung Amerika memenuhi sejumlah sudut di kota London.  “Hari ini memang jumlah pendatang yang masuk ke Heatrow melonjak tajam. Mungkin dua kali lipat disbanding hari kemarin,” kata petugas pemeriksaan Imigrasi bandara Heatrow, Krsitina.

 

Para pendukung AS ini dengan bangga mengalungkan bendera Paman Sam sambil berjemur di tengah terik kota Inggris yang mencapai 27 derajat celcius. Stasiun kereta Padington menjadi titik konsentrasi suporter Brasil. Para pendukung negeri Samba tampak meneganakan kostum sepak bola timnas Brasil beserta coretan di kedua pipi. Banyaknya suporter dimanfaatkan oleh pantitia Olimpiade dengan menggelar acara yang melibatkan pendukung Negara peserta.

 

Di taman Hayde Park, panitia Olimpiade mempersiapkan acara musik bagi para pendukung. Acara ini digelar, tepat di malam jelang pembukaan. Band papan atas Inggris, The Wanted jadi salah satu pengisi acara yang digelar minus fulus. Salah satu volentir Olimpiade, Paul Leskoz bersama rekannya Marc, mencoba cara yang antik untuk menyambut para supporter dari negara peserta Olimpiade.

 

Paul dengan baju khas tentara keluarga kerajaan, berdiri tepat di depan pintu keluar Heatrow. Paul menyalami satu persatu penumpang yang datang ke gerbang utama Inggris, termasuk Republika “Ini adalah bagian yang sudah disusun panitia Olimpiade sejak awal. Ini bentuk penghargaan bagi para penonton yang telah jauh-jauh datang ke Inggris,” kata Paul kepada Republika.

Di kota London sendiri, segala atribut Olimpiade 2012 tersebar di penjuru kota hingga ke jalan kecil. Dari bandara Heatrow hingga kawasan Baswater, seluruh papan iklan didominasi wajah atlet seperti Usain Bolt dan Alexandre Pato. Demam Olimpiade yang kini terpampang di  seluruh London, hanya menjadi awal pesta. Pesta sesungguhnya segera tersaji dalam detik-detik pembukaan pesta olahraga, malam ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement