Jalur Gentong Dioperasikan Sepekan Sebelum Lebaran

Red: Taufik Rachman

 Selasa 24 Jul 2012 15:41 WIB

Peringatan dan rambu-rambu lalu lintas sangat membantu kelancaran arus mudik. Foto: Republika/Fahrul Jayadiputra Peringatan dan rambu-rambu lalu lintas sangat membantu kelancaran arus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dinas Perhubungan Jawa Barat mengatakan jalan di jalur alternatif Gentong, di Kabupaten Tasikmalaya, yang masih dalam perbaikan, akan difungsikan mulai sepekan menjelang Lebaran.

"Kami beberapa waktu lalu ke Limbangan dan Gentong yang akan jadi problem. Ini yang jadi perhatian kami. Saya melihat, sekarang baru penimbunan dan butuh pengecoran di atasnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dicky Saromi, di Kota Bandung, Selasa.

Penyelesaian perbaikan jalur Gentong merupakan salah satu hal yang krusial sebab metrupakan alternatif penting di jalur selatan dan saat ini pengerjaan sedang dikebut.

"Kondisi Jalur Lingkar Nagreg dan sekitarnya sudah 'oke'. Tinggal di daerah itu. Saya dapat laporan kemarin sepertinya kekejar pada H-7. Tapi baru satu lapis juga. Cuma kekejar atau tidaknya harus jadi perhatian juga termasuk difungsikan sementara, mungkin nantinya," ujar dia.

Dikatakannya, jalur alternatif Gentong juga tak akan hanya diperbaiki jalannya melainkan akan ada personel yang mengarahkan serta ada beberapa rambu darurat akan dipasang.

"Jalur ini nantinya mengurangi kepadatan kendaraan dari Nagreg ke Gentong. Di Jalur Selatan, ini yang paling penting dan mungkin nanti ada hambatan samping akibat pasar tumpah sama jalur masuk wisata," ujar Dicky.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X