Senin 23 Jul 2012 03:42 WIB

Wiggins, Orang Inggris Pertama Pemenang Tour de France

Tour de France 2012
Tour de France 2012

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bradley Wiggins menjadi pebalap sepeda Inggris Raya pertama yang menjuarai Tour de France saat dia memenangi balap sepeda terbesar edisi ke-99 itu, Minggu.

Wiggins mencapai finis di posisi aman bersama kelompok besar pebalap pada etape ke-20 yang juga etape terakhir yang menempuh 120 km dari Rambouillet.

Etape terakhir itu dimenangi oleh rekan setim dan senegaranya Mark Cavendish.

Dalam klasemen keseluruhan, Wiggins mengungguli rekan setim Sky and rekan senegaranya Chris Froome dengan tiga menit 21 detik dan mengungguli pebalap Italia Vincenzo Nibali dengan 6:19.

Pebalap Australia Cadel Evans, yang memulai balapan tiga pekan itu sebagai juara bertahan, menempati posisi ketujuh dalam klasemen dan dikalahkan oleh rekan setim BMC dia Tejay van Garderen. Pebalap AS itu meraih posisi kelima dan kaus putih sebagai pebalap terbaik U-25.

Pebalap Prancis Thomas Voeckler merebut kaus polka dot sebagai pebalap tanjakan terbaik, dan pebalap Slowakia Peter Sagan merebut kaus hijau sebagai pengumpul poin sprint terbanyak.

Tim RadioShack-Nissan memenangi klasifikasi tim dan pebalap Denmark Chris Anker Sorensen terpilih sebagai pebalap paling agresif, demikian Reuters.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement