Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

 

Lima Keutamaan Bulan Ramadhan (3-habis)

Ahad 22 Jul 2012 20:22 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Hafidz Muftisany

Ramadhan (ilustrasi)

Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, 3. Malaikat Memintakan Ampunan

Allah SWT berfirman, ”(Malaikat-malaikat) yang memikul Arasy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan), ’Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksa neraka yang menyala-nyala. Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereiq dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya, Engkaulah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. Dan, peliharalah mereka dan (balasan) kejahatan. Dan, barangsiapa yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya. Dan, itulah kemenangan yang besar." (QS. Al-Mu'min: 7-9)

4. Surga Bersiap dan Berhias Menyambutnya.

Sepanjang bulan Ramadhan, surga diperintahkan untuk bersiap sedia dan berhias demi menyambut kedatangan orang' orang mukmin yang sebentar lagi hendak tiba. Orang-orang mukmin itu kini tengah berjalan dari kesusahan hidup di dunia (karena banyaknya beban dan tanggung jawab harus dipikul seperti puasa) menuju keharibaan rumah Allah SWT yang penuh dengan ketenangan, kedamaian, dan segala kenikmatan.

5. Pengampunan dan pembebasan dari neraka.

Pada malam terakhir Ramadhan, diberikannya pengampunan tepat pada detik-detik malam terakhir bulan Ramadhan merupakan nilai keunggulan Ramadhan yang mengesankan. Hal ini berbeda dengan Lailatul Qadar.

Sumber : Puasa Menuju Sehat Fisik dan Psikis, Oleh Ahmad Syarifuddin
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA