Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

 

Lima Keutamaan Bulan Ramadhan (1)

Ahad 22 Jul 2012 19:22 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Hafidz Muftisany

Ramadhan (ilustrasi)

Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sunnatullah yang berjalan di alam ini menetapkan bahwa diantara segala sesuatu, ada sesuatu yang diunggulkan karena keistimewaan dan kelebihan yang dimilikinya. Diantara rumah misalnya, ada rumah yang unggul, yaitu Ka'bah sebagai Baitullah 'rumah Allah'.

Di kalangan manusia juga ada manusia yang unggul, yaitu Rasulullah SAW. Diantara air, air zamzam adalah air unggulan. Di antara hari ada hari istimewa, yaitu hari Jumat. Dan, diantara dua belas bulan ada bulan unggulan, dialah bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda, ”Penghulu segala bulan ialah bulan Ramadhan dan penghulu hari adalah hari Jumat.” (HR. Al-Bazzar).

Nilai-nilai apakah yang menjadikan bulan Ramadhan lebih unggul dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain? Dicerita­kan dari sahabat Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Pada bulan Ramadhan, umatku diberikan lima perkara yang tidak diberikan kepada seorang nabi pun sebelumnya. Pertama, bila datang awai malam Ramadhan, Allah azza wa jalla melihat mereka. Dan barangsiapa dilihat oleh Allah, dia tidak akan mendapatkan azab selamanya. Kedua, bau mulut mereka di sore hari (saat puasa) lebih harum di sisi Allah daripada aroma minyak kesturi. Ketiga, para malaikat memohonkan ampun untuk mereka siang dan malam. Keempat, Allah azza wa jalla telah menyuruh surga. Dia berfirman kepada surga-Nya itu, 'Bersiap-siap dan berhiaslah untuk hamba-hamba- Ku. Sudah dekat waktunya mereka (hamba-hamba-Ku) itu berislirahat dari kesusahan dunia menuju rumah dan rahmat Ku.' Kelima, bila telah tiba akhir malam (Ramadhan), Alla mengampuni dosa mereka semua. ’ Seorang sahabal bertanya 'Apakah itu yang dimaksud dengan Lailatul Qadar mala keagungan)?’Jawab beliau, 'Lain! Tidakkah kamu melihat para pegawai (buruh). Bukankah jika telah rampung pekerjaannya mereka disempurnakan gajinya (mendapatkan bonus)." (HR. Baihaqi)

 Hadits yang cukup panjang ini menyebutkan paling tidak ada lima nilai dari keunggulan bulan Ramadhan. Lima nilai keunggalan itu adalah sebagai berikut.

1. Pandangan Rahmat Allah pada malam pertama.

Pada malam pertama Ramadhan, Allah memberikan 'pandangan' rahmat 'kasih sayang', dan inayah 'pertolongan' kepada kaum muslimin. Apabila mendapati pandangan yang bersifat gaib ini dan diterima, niscaya mereka tidak akan disiksa selama-lamanya.

Artinya, ada jaminan besar bahwa mendapat­kan nadzrah itu akan mengantar seseorang meraih husnul khatimah (kesudahan hidup yang baik). Sementara, siapa saja mati dengan membawa husnul klatimah, jaminannya adalah surga.

Sumber : Puasa Menuju Sehat Fisik dan Psikis, Oleh Ahmad Syarifuddin
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES