Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

 

Musim Obral Pahala di Bulan Ramadhan (2-habis)

Ahad 22 Jul 2012 18:07 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Hafidz Muftisany

Tadarus Alquran di bulan Ramadhan

Tadarus Alquran di bulan Ramadhan

Foto: Republika

 

REPUBLIKA.CO.ID, Terlepas dari bilangan yang kita pilih, dalam ibadah termasuk tarawih hendaknya diupayakan khusyu dan tadlmrru' serta menegakkan adab-adab dalamnya.

Tergesa-gesa semata-mata karena mengejar kuantitas rakaat tertentu, tentu tidak dibilang bagus. Dan, yang lebih penting daripada berbantah- bantahan perihal jumlah rakaat ini adalah memelihara persatuan dan kesatuan (ittihad).

Karena, berpecah belah antarsesama kaum muslimin yang umumnya berangkat dari ujub (merasa benar sendiri) justru haram hukumnya.

Hal yang malah penting kaitannya dengan bulan Ramadhan ialah kita mendatangi obral besar pahala itu lalu membelinya sekuat kemampuan kita. Berlomba-lomba menuju kebaikan, namun tetap dengan mempertimbangkan kemampuan diri. Karena, sedikit yang Lstiqamah lebih baik daripada banyak tetapi lepas.

Firman Allah SWT, "... dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba- lomba. ” (QS. Al-Muthaffifin: 26)

Dengan obral besar pahala yang begitu "wah" ini, kehadiran bulan Ramadhan selalu dinanti-nantikan dan didamba- dambakan. 

Sabda Rasulullah SAW,"Seandainya hamba-hamba mengetahui apa yang dikandung oleh bulan Ramadhan, niscaya umatku berangAn-angan agur bulan Ramadhan itu waktunya sepanjang tahun." (HB Thabarani, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Abid Dunya)

 

Sumber : Puasa Menuju Sehat Fisik dan Psikis, Oleh Ahmad Syarifuddin
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES