Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

 

Masjid Al Azhar Jakarta Siapkan Diri Jelang Ramadhan

Kamis 19 Jul 2012 16:54 WIB

Rep: MG05/ Red: Dewi Mardiani

Masjid Al Azhar

Masjid Al Azhar

Foto: Republika/Bambang Banguntopo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa hari lagi. Berbagai persiapan dan kegiatan menjelang Ramadhan telah dirancang  oleh para pengurus masjid dan mushala. "Persiapan sudah dari tiga bulan yang lalu, terkait bagaimana kita bisa melayani jamaah yang ingin beribadah selama bulan Ramadhan di Masjid Al-Azhar," papar Firdaus, Sekretaris Panitia Ramadhan di Kantor Takmir Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Kamis, (19/7).

Fasilitas yang diberikan masjid yang berdiri di atas tanah seluas 43.755 meter persegi ini pun tak luput dari perhatian mereka. Mulai dari tempat berwudhu, kamar mandi, kebersihan tempat shalat, sampai lapangan parkir untuk kendaraan jamaah.

Peribadatan juga dirancang, mulai dari jadwal ceramah yang bakal dibawakan para tokoh nasional dan ulama terkemuka. "Jadwal shalat Tarawih di sini sudah kami umumkan sejak sebulan yang lalu. Insya Allah imam yang akan  memimpin shalat di antaranya Mahfud MD, Din Syamsudin, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh terkemuka lain," ungkap Firdaus

Firdaus mengungkapkan, panitia menyiapkan kegiatan, di antaranya buka puasa bersama 1.500 anak yatim dan duafa, buka puasa bersama 600 musafir, kegiatan kajian-kajian seperti iktikaf sepuluh malam terakhir, dan satu lagi iktikaf untuk para kaum ibu selama sebulan penuh. "Untuk para kaum ibu, kami menyiapkan fasilitas, mulai dari kamar, makanan berbuka, dan sahur," kata Firdaus.

Kegiatan unggulan Ramadhan lainnya adalah MTQ tingkat remaja sejabodetabek. Rencananya Al-Azhar akan mengeluarkan Mushaf Al-Quran Al-Azhar, tambah Firdaus. Di akhir kegiatan Ramadhan, Masjid Al-Azhar menggelar shalat Ied yang akan dilaksanakan di Lapangan Hijau Al Azhar. Menurut rencana, Ketua Muhammadiyah, Din Syamsudin mengisi acara ini sebagai pembaca Khutbah.



  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA