Kamis 19 Jul 2012 00:53 WIB

ITB, UI, UGM Kampus Terpopuler di Internet

Institut Teknologi Bandung
Foto: www.itb.ac.id
Institut Teknologi Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada masuk dalam 100 besar perguruan tinggi terpopuler di Asia versi 4 International Colleges and Universities (4ICU).

Berdasarkan laman www.4icu.org yang dikutip, Rabu (19/7), tercatat ITB menduduki peringkat ke-13, disusul Universitas Indonesia (UI) peringkat 37, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat 69. Sedangkan pada 100 besar dunia, ITB menempati peringkat 83.

Dari 100 universitas di Asia, Jepang menduduki peringkat pertama yaitu Keio University, disusul berturut-turut Peking University (China), Shanghai Jiao Tong University (China), National University of Singapore, Fudan University (China), Zhejiang University (China), Wuhan University (China), Nanjing University (China), Xi`an Jiaotong University (China), The University of Tokyo Japan (Jepang).

Lembaga 4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 11.000 perguruan tinggi dari 200 negara, yang didasarkan pada tiga metode yaitu Google Pagerank, Alexa Traffic (www.alexa.com), dan Majestic SEO Reffering Domain.

Ranking ini menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet, tautan eksternal, dan ditentukan tingkat kekayaan produk akademik, serta sumbangannya dari perguruan tinggi terkait.

Khusus di Indonesia, dari daftar 10 besar terpopuler, sebanyak 9 di antaranya adalah perguruan tinggi negeri dengan peringkat tertinggi ditempati ITB, disusul UI, UGM, IPB.

Universitas Gunadarma merupakan satu-satunya yang masuk dalam 10 besar dengan menempati peringkat 5, disusul berturut-turut pada peringkat ke enam ditempati Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement