Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Asyik, KA Ekonomi Segera Ditambah Gerbong AC

Selasa 17 Jul 2012 04:09 WIB

Red: Endah Hapsari

Kereta Ekonomi (ilustrasi)

Kereta Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO---PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera menambah gerbong penumpang ekonomi berpendingin udara di semua KA kelas ekonomi asal pemberangkatan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang.
"Penambahan gerbong penumpang ekonomi AC tersebut dijadwalkan bisa terealisasi sebelum memasuki angkutan Lebaran tahun ini," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto.

Pihaknya sedang mengerjakan pemasangan AC di 15 unit gerbong ekonomi di Dipo Kereta Purwokerto.
Menurut dia, tahap pertama pemasangan AC dijadwalkan akan selesai pada lima gerbong ekonomi sebelum 1 Agustus sehingga bisa segera dioperasikan untuk mendukung angkutan Lebaran 2012. "Nantinya gerbong-gerbong ekonomi AC tersebut akan dirangkaikan pada KA-KA ekonomi untuk menambah jumlah rangkaian KA tersebut," katanya.

Hingga saat ini, PT KAI Daop 5 Purwokerto memberangkatkan lima KA ekonomi, yakni KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember pergi-pulang (PP), KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen PP, KA Kutojaya Selatan jurusan Kutoarjo-Kiaracondong PP, dan dua KA Serayu jurusan Kroya-Bandung-Jakarta PP.

Menurut dia, jumlah rangkaian masing-masing KA ekonomi tersebut sudah ditetapkan sesuai Kontrak Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation-PSO) antara PT KAI dengan pemerintah.
"Misalnya, untuk KA Logawa dan KA Kutojaya Utara ditetapkan sebanyak 684 penumpang atau tujuh kereta atau gerbong per KA per hari. KA Kutojaya Selatan dan KA Serayu masing-masing ditetapkan sebanyak 472 penumpang atau lima kereta atau gerbong per KA per hari," katanya.

Dengan penambahan gerbong ekonomi AC pada KA-KA ekonomi PSO tersebut, kata dia, akan dapat menambah kapasitas penumpang KA ekonomi sebanyak 106 tempat duduk untuk satu gerbong ekonomi AC.

Ia mengatakan, tahap awal gerbong ekonomi AC tersebut akan dirangkaikan dan diujicoba pada KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember PP dan KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen PP.
"Besaran tarif penumpang untuk gerbong ekonomi AC tersebut masih dalam penggodogan, kisarannya Rp 100 ribu untuk Purwokerto-Surabaya dan Rp120.000 untuk Purwokerto-Jember pada KA Logawa, sedangkan untuk KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen pada kisaran Rp 80 ribu,'' katanya.

Menurut dia, harga itu masih relatif terjangkau dan sepadan dengan peningkatan kenyamanan yang didapat penumpang.
Selain pemasangan AC pada gerbong kelas ekonomi, kata dia, PT KAI saat ini juga sudah memprogramkan pemasangan AC di kereta api kelas bisnis. "Ada 27 gerbong kelas bisnis pada rangkaian KA yang diberangkatkan Daop 5 Purwokerto yang akan segera dipasang AC," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA