Rabu 11 Jul 2012 13:52 WIB

Tak Miliki Undangan, Warga Tetap Mencoblos

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hafidz Muftisany
Pilkada DKI
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pilkada DKI

REPUBLIKA.CO.ID, DARMAWANGSA -- Antusiasme warga Darmawangsa, Jakarta Selatan, di TPS 004 bagus dinilai oleh Ketua Komisi II DPR, Agun Gunanjar. Hal ini disampaikan setelah mengetahui adanya pemilih yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS), namun tetap hadir menunaikan hak pilihnya.

Agun datang bersama rombongan untuk meninjau proses pemilihan di TPS 004. Turut hadir dalam rombongannya Ganjar Pranowo, anggota Komisi II DPR, Kemenkopulhukan Toto Murasat, Komnasham Ari susanto.

Selama di TPS, Agun dan rombongan meninjau kelengkapan Daftar Pemilih Tetap (DPS) dan DPS, Kelengkapan sarana prasarana seperti bilik suara, dan kesiapan penyelenggara.

"Memang Pilkada ini merupakan barometer untuk Pemilihan Presiden 2014 nanti," ujarnya. Menurutnya, kekurangan yang terjadi pada Pilkada ini menjadi bahan evaluasi untuk tidak terulang saat Pilpres nanti.

Menurut catatan petugas, ada lima orang yang tidak mendapat undangan tetapi ada dalam DPT. Mereka datang ke TPS 004 dan memilih setelah menunjukan KTP dan Kartu Keluarga (KK).

"Pemilih yang tidak sampai surat undangannya, dapat menunjukan KTP Jakarta dan KK untuk dapat mencoblos," tambah Agun.

Pengawas Pemilu yang meninjau menemukan kekurangan yaitu DPT yang tidak ditempel oleh penyelenggara. "Seharusnya ditempel untuk kejelasan, sesuai dengan peraturan yang berlaku," ucap Panwaslu. Meskipun termasuk dalam kawasan elite, antusiasme warga Darmawangsa tetap terjaga

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement