Selasa 10 Jul 2012 14:48 WIB

TPS Mobile Speedboat untuk Kepulauan Seribu

Rep: Amri Amrullah/ Red: Hafidz Muftisany
Surat suara Pilkada DKI saat disortir beberapa hari lalu
Foto: ANTARA/Fanny Octavianus
Surat suara Pilkada DKI saat disortir beberapa hari lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Guna mengakomodasi hak pilih warga Jakarta yang berada di wilayah Kepulauan Seribu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta administratif Kepulauan Seribu menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) mobile dengan menggunakan speedboat.

Penyediaan TPS mobile dengan transportasi speedboat ini untuk memudahkan pemberian suara bagi warga yang berada di berbagai wilayah pulau di Kepulauan Seribu. Hal itu disampaikan Ketua KPUD DKI wilayah Kepulauan Seribu, Muhammad Sidik.

"Kita ada dua TPS mobile yang menggunakan speedboat, TPS itu bagian dari wilayah TPS di pulau panggang dan pulau kelapa," ujar Sidik. Lanjut ia menjelaskan satu speedboat yang bagian dari pulau kelapa itu mencakup sekitar 10 pulau kecil lain. TPS speedboat itu, jelas Sidik, akan menjemput pemilih seperti karyawan yang bekerja diresort-resort di beberapa pulau.

Di tiap TPS speedboat ada panwas, KPPS, dan saksi. Usai pencoblosan, jelas dia, kita sudah siapkan pergesaran kotak suara ke wilayah lebih banyak penduduk, dan ke PPS di setiap Kelurahan hingga Kecamantan di Kepulauan Seribu.

Untuk logistik, papar Sidik, sudah di distribusikan hingga pulau terjauh di Kepulauan Seribu. "Termasuk kepulauan terjauh pulau sudira. Kalau H-2 kita sudah ke wilayah perusaahan minyak di pulau Pabelokan dan Rik," ucapnya.

Di kepulauan seribu seluruhnya ada 11 pulau berpenduduk ada 43 TPS. Dengan jumlah DPT 16.335. Logistik Pilkada diklaim KPUD Kepulauan Seribu sudah 100 persen, yang terdiri kertas suara, kotak bilik dan perlengkapan pencoblosan lainnya. Rencananya logistik sudah siap di setiap TPS besok pagi setelah di kumpulkan di setiap Kelurahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement