Senin 02 Jul 2012 13:46 WIB

Del Bosque: Tiga Gelar Hampir Mustahil

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Vicente del Bosque
Foto: AP/Gregorio Borgia
Vicente del Bosque

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV — Arsitek timnas Spanyol Vicente del Bosque layak masuk jajaran pelatih tersukses di dunia. Berkat racikan tangan dinginnya, tim Matador mampu mempertahankan trofi Henri Delaunay yang direbutnya empat tahun lalu. Pada partai puncak, Spanyol menggebuk Italia dengan skor 4-0 di Stadion Olympic, Kiev, Ukraina, Senin (2/7) dini hari.

 

Catatan del Bosque memang menunjukkan kelasnya.. Sebelumnya mampu mempersembahkan gelar Piala Dunia 2010 bagi Spanyol. Pada tingkat klub prestasi yang ditorehkannya adalah gelar Liga Champions dan La Liga Spanyol dua kali, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental (sekarang Piala Dunia Antarklub) masing-masing satu kali.

Semua prestasi itu dicapainya ketika membesut Real Madrid. “Untuk memenangkan tiga gelar hampir mustahil. Selamat kepada para pemain,” katanya kepada laman Tribalfootball.

Meski bertabur pujian, del Bosque tetap merendah. Ia mengungkap, selama melatih ia tidak membentuk tim hanya untuk menjadi pemenang, melainkan ingin berbagi ilmu agar para pemainnya bisa berkembang.

“Saya tidak benar-benar ingin menjadi pelatih yang menang, tapi pelatih yang mendidik. Aku ingin terus mempersiapkan mereka untuk masa depan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement