Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Operator Seluler Mulai Merambah E-money

Senin 02 Jul 2012 04:45 WIB

Rep: rosita budi suryaningsih / Red: M Irwan Ariefyanto

e money

e money

Foto: depositphotos.com

REPUBLIKA.CO.ID,Telepon seluler (Ponsel) kini tak hanya sekadar alat berkomunikasi. Berbagai peran penting dalam kehidupan sehari-hari, bisa dimudahkan dengan perangkat teknologi ini.
Para penyedia layanan operator pun berlomba-lomba memberikan layanan baru yang inovatif yang kian memudahkan kehidupan para penggunanya. Salah satunya adalah layanan transaksi uang elektronik (e-money). Dengan fasilitas ini, para nasabah tidak harus datang ke bank atau mesin ATM untuk melakukan transaksi, tapi cukup dari ponsel, semuanya akan teratasi.

Fasilitas e-moneymemudahkan nasabah untuk melakukan transaksi kapan dan di mana pun. Operator yang telah menyediakan layanan ini, antara lain XL dan Telkomsel. XL membuat fitur baru layanan virtualnya yang diberi nama XL Tunai. Direktur Teknologi, Content dan New Bussiness XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, lewat fitur ini pengguna dapat melakukan pengiriman uang dengan mudah tanpa terikat waktu dan lokasi. “Fitur ini bagian dari upaya XL untuk memaksimalkan penggunaan layanan transaksi mobile,” ujarnya.

XL Tunai adalah e-money dengan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server XL. Semua transaksi yang dilakukan pelanggan tercatat dan bisa dilihat rinciannya oleh XL melalui infrastruktur yang disiapkan. Fitur baru ini menyediakan layanan pengiriman uang ke sesama pelanggan XL di Indonesia dengan menggunakan ponsel. “Layanan ini sengaja kami buat untuk menjangkau masyarakat yang belum punya layanan finansial di bank,” papar Dian.

Melalui layanan XL Tunai, pelanggan bisa melakukan transaksi pengiriman uang, belanja online,membayar berbagai tagihan, seperti listrik dan air PAM. Pihaknya menargetkan, sedikitnya 150 ribu pelanggan XL akan menggunakan layanan ini hingga akhir 2012. Pada awalnya, target sasaran fasilitas emoney ini, adalah para perantau yang bekerja di kota-kota besar. Namun, nantinya akan semakin melebar seiring dengan berkembangnya sistem pembayaran.

Menurut Senior General Manager mfinance XL Axiata, Yessie D Yosetya, cara pengiriman secara konvensional melalui wesel di kantor pos sudah tak zamannya lagi dan banyak kekurangannya. Cara yang ditawarkan XL jauh lebih baik, prosedurnya mudah, aman, tidak terikat waktu, dan biaya transaksi lebih murah. “Biayanya hanya Rp 5.000 untuk pengiriman uang kurang dari Rp 200 ribu, selebihnya Rp 10 ribu,” jelasnya. Untuk bisa menikmati layanan ini, pelanggan harus datang ke XL Center atau agen terdekat dengan membawa uang tunai dan KTP, serta mengisi formulir. Pelanggan akan mendapatkan PIN dan baru bisa melakukan transaksi pengiriman uang.

Terus tumbuh
Telkomsel menamakan layanan emoney- nya dengan T-Cash. Direktur Utama Telkomsel Alex Sinaga menjelaskan, pihaknya optimistis layanan e-money lewat ponsel akan terus tumbuh dan berkembang. “Karena lebih praktis dan terjamin ke amanannya,” ujarnya.

Selama tahun lalu, layanan T-Cash paling banyak digunakan oleh pelanggan Telkomsel yang berada di Sumatra dengan ratarata 324 transaksi per hari senilai Rp 6 juta. Sumatra juga merupakan wilayah dengan pelanggan TCash terbesar, yakni sekitar 32 persen dari 8,2 juta. “Untuk tahun ini, kami membidik pelanggan yang menggunakan layanan ini hingga 10 juta,” ujarnya.

Kehadiran T-Cash sebagai alat pembayaran melalui ponsel, menurut Head of Corporate Communications Division Telkomsel Ricardo Indra, dapat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi secara on-line,cepat, mudah, dan aman. Telkomsel akan terus mengembangkan sistem layanan e-moneyke penjuru di Indonesia. Untuk mendukung langkah strategis tersebut, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra potensial dari sektor bisnis ritel, web store, restoran, dan perbankan. “Agar tumbuh kepercayaan masyarakat dalam memanfaatkan layanan ini sebagai solusi digital payment,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA