Kamis 28 Jun 2012 14:12 WIB

Hidayat: Air Laut Potensi Pasok Air Bersih Jakarta

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dewi Mardiani
Hidayat Nur Wahid
Foto: Antara
Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 4, Hidayat Nurwahid, mempertimbangkan air laut menjadi pemasok air bersih di Jakarta, termasuk juga untuk wilayah Kepulauan Seribu. Hal itu disampaikan Hidayat ketika berkampanye di wilayah Kepulauan Seribu, Kamis (28/6).

"Permasalahan air bersih yang dirasakan warga Jakarta di daratan pun sama dengan yang dirasakan warga Kepulauan Seribu, karenanya mengapa tidak mempertimbangkan proyek penyulingan air laut menjadi pasokan air bersih bagi warga Jakarta," ujar Hidayat.

Dengan menyuling air laut menjadi air tawar, jelas Hidayat, maka warga Jakarta, termasuk di Kepulauan Seribu tidak perlu khawatir kekurangan air tawar. Ini juga, menurut dia, dapat mengurangi penyedotan air tanah yang berlebihan yang berdampak buruk terhadap penurunan muka tanah Jakarta.

"Perlu mencontoh negara-negara teluk yang telah menyuling air laut menjadi air tawar layak konsumsi, dan saya rasa Jakarta perlu solusi itu," ungkap mantan Ketua MPR ini.

Hal senada disampaikan Calon Wakil Gibernur nomor urut 4, Didik Junaidi Rachbini. Menurut Didik permasalahan air bersih juga menjadi permasalahan utama yang harus diselesaikan. "Kami konsen menyelesaikan masalah air bersih di Kepulauan Seribu, karena itu juga masalah seluruh warga Jakarta," ujar Didik.

Dalam kampanyenya, Hidayat-Didik mengunjungi tiga pulau di administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Kelapa, Pulau Panggang, dan Pulau Tidung. Dalam kampanyenya Hidayat-Didik bertemu sapa dan berdialog dengan warga ketiga pulau itu dan mendengarkan keluh kesah semua warga di Kepulauan Seribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement