Selasa 26 Jun 2012 18:57 WIB

Jokowi Janjikan Perbaikan Pasar

Rep: Ghalih Huriarto/ Red: Dewi Mardiani
Jokowi
Foto: Agung Fatma Putra/Republika
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampanye hari ke tiga, Jokowi melakukan roadshow di sejumlah pasar di Jakarta Utara, Selasa (26/6). Setidaknya ada enam pasar yang dikunjungi oleh Jokowi, yaitu Pasar Jongkok, Kaki Lima Jalan Pedongkelan, Pasar Ikan Makmur, Pasar Tepekong, Pasar Sukapura, dan Pasar Pegangsaan Dua.

Dalam kunjungannya ke pasar-pasar, Jokowi melakukan dialog dengan para pedagang dan meampung keluhan-keluhan para pedagang. Di Pasar Jongkok Semper Timur, Jokowi sempat membeli lima tempe seharga Rp 100 ribu.

Di Pasar Sukapura, Jokowi menjanjikan revitalisasi pasar. Ia menganggap perlunya dilakukan perbaikan pasar, terutama dalam hal manajemen. "Ke depan manajemen pasar perlu diperbaiki agar lebih efisien, anda bisa lihat yang saya lakukan di Solo," ujarnya kepada wartawan di Pasar Sukapura.

Jokowi mengungkapkan, untuk perbaikan pasar dirinya memiliki dua opsi. Pertama, dirinya akan melakukan efisiensi manajemen di PD Pasar Jaya. Kedua, jika memang efisiensi yang dilakukan tidak berhasil, bukan tak mungkin akan melakukan perombakan total. "Jika memang tidak efisien, mungkin saja akan dilikuidasi," ungkapnya

Jokowi juga mengatakan, fungsi dari pemerintah adalah pelayanan. Bukannya membebani masyarakat. "Sekarang lihat, satu lapak saja per meternya Rp 25 Juta, itu kan membebani pedagang," kata Jokowi.

Baginya, penyiapan pasar sebagai sarana berdagang masyarakat adalah bentuk pelayanan. "Menyiapkan pasar itu adalah bagian dari betuk pelayanan kepada masyarakat, bukan hanya kartu sehat atau sekolah," ungkap Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement