Sabtu 23 Jun 2012 07:53 WIB

Ogah Kena Kolesterol Tinggi? Rajinlah Lakukan Ini

Cek kadar kolesterol dalam darah (ilustrasi)
Foto: PA
Cek kadar kolesterol dalam darah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mencegah terkena kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Pakar kesehatan Rumah Sakit Panti Wilasa Dokter Cipto Semarang dr Yoseph Chandra M.Kes menjelaskan cek kolesterol secara rutin efektif mengantisipasi kadar kolesterol berlebih, dan kalaupun ternyata sudah tinggi bisa diupayakan cara pengobatan dan terapi untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

Namun, rajin mengecek saja tak cukup. "Pola makan harus dijaga. Jangan biasakan mengonsumsi 'junkfood', makanan gorengan yang banyak mengandung minyak, konsumsi daging juga dikurangi. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, serta makanan sehat," katanya.

Kolesterol bisa menyerang siapa saja, kata Yoseph, mulai kalangan muda hingga tua sehingga pihaknya juga memberikan edukasi tentang bahaya kolesterol dan cara perbaikan kualitas hidup melalui kegiatan itu.

Untuk kegiatan cek kolesterol gratis itu, kata dia, pihaknya menggunakan alat tes kolesterol LDX Cholestech Analyst terbaru yang bisa menyajikan data secara akurat kadar atau kandungan kolesterol dalam tubuh pasien.

"Sebenarnya, kolesterol ini ada yang baik dan jahat. Kalau yang dikenal sebagai kolesterol jahat adalah 'low-density lipoprotein' (LDL) yang jika kadarnya berlebih bisa menyebabkan penumpukan di pembuluh darah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement