Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Hasrat Belanda Pecundangi Maut Grup Neraka

Kamis 14 Jun 2012 12:02 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Striker Belanda, Robin van Persie menyaksikan selebrasi gol para pemain Jerman. Belanda menyerah 1-2 di tangan Jerman dalam laga kedua babak penyisihan Grup B Piala Eropa, Kamis (14/6) dini hari WIB. Kekalahan itu membuat posisi Belanda di ujung tanduk.

Striker Belanda, Robin van Persie menyaksikan selebrasi gol para pemain Jerman. Belanda menyerah 1-2 di tangan Jerman dalam laga kedua babak penyisihan Grup B Piala Eropa, Kamis (14/6) dini hari WIB. Kekalahan itu membuat posisi Belanda di ujung tanduk.

REPUBLIKA.CO.ID, KHARKIV -- Belanda kembali menelan kekalahan saat di laga kedua Grup B, Jerman menekuk mereka dengan skor 2-1 di Metalist Stadium, Kamis (14/6) dinihari WIB.

Terbenam di dasar "grup neraka" tanpa poin sebiji pun, membuat banyak pihak sangsi kalau tim yang awalnya jadi favorit di Piala Eropa 2012 ini, bisa tembus ke perempat final. 

Namun, pandangan miris itu sepertinya tak langsung meruntuhkan optimisme De Oranje menjalani laga sisa. Pasalnya, peluang untuk mempecundangi "maut" masih mengintip di depan mata. 

Pelatih Belanda, Bert van Marwijk, menegaskan kalau perjuangan tim asuhannya di Piala Eropa belumlah berakhir. Kesempatan untuk melenggang ke babak berikutnya, bagi dia, masih terbuka.

Ia yakin Wesley Sneijder dan kawan-kawan masih bisa merebut jatah ke babak berikutnya, jika mereka bisa mengantongi tiga poin saat melawan Portugal di pertandingan pamungkas Senin nanti. 

Meski itu pun dengan catatan: Denmark harus takluk di tangan Jerman dan Belanda menciptakan lebih dari dua gol ke gawang Portugal.

Marwijk tentu berharap banyak pada Der Panzer, tim yang mengalahkan mereka semalam, untuk tetap bermain ngotot dan mengincar kemenangan. Dia juga berharap para pemainnya tetap optimis menaklukan peluang tersisa.

"Kami tidak boleh membayangkan ini akan berakhir ketika kami ada di level ini," kata Marwijk. 

“Situasinya tetap membuat kami memiliki kesempatan, dan ketika Anda mempunyai kesempatan, Anda harus yakin.” 

Hasrat senada pun ikut dihembuskan para penggawa timnas Belanda. Gelandang serang yang jadi bintang di Tottenham Hotspur, Rafael van der Vaart, misalnya, masih menyimpan keyakinan timnya bisa lolos.

"Kami masih memiliki kesempatan ketika kami menang 2-0 dan Jerman membantu kami, " ujar van der Vaart pada televisi Jerman. "Kami hanya harus percaya pada kesempatan kami."

Klaas-Jan Huntelaar, yang menjadi pemain pengganti di dua pertandingan terakhir, turut melontarkan semangat yang sama. 

"Kami takkan pernah menyerah. Kami akan fokus untuk memenangkannya (pertandingan melawan Portugal)," kata striker yang dijuluki The Hunter itu.

Jerman, yang sementara ini kokoh di puncak klasemen dengan enam poin, memang hampir dipastikan lolos ke delapan besar. Sementara Portugal dan Denmark yang bercokol di peringkat dua dan tiga dengan poin sama tiga, diperkirakan bakal tampil ngotot berebut jatah. 

Nasib Belanda akan ditentukan pada laga pamungkas Grup B, berlangsung Senin (18/6) dinihari WIB esok. Tidak hanya menang, Pasukan Oranye juga mengandalkan kesudian Dewi Fortuna untuk lebih bersahabat dengan mereka. 

sumber : Daily Mail, Sportal
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA