Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Tertawa Bisa Mengalahkan Kanker

Selasa 12 Jun 2012 01:20 WIB

Rep: setyanavidita livikacansera/ Red: M Irwan Ariefyanto

Tertawa. Ilustrasi

Tertawa. Ilustrasi

Foto: Times of India

REPUBLIKA.CO.ID,Sebagai ‘hadiah’ yang sudah kita bawa sejak lahir, tertawa juga sudah mulai banyak digunakan sebagai media terapi di beberapa pusat kesehatan di berbagai negara. Dikutip dari Cancer Center.com, Cancer Treatment Centers of America sudah mulai melirik tertawa sebagai salah satu terapi yang dapat digunakan untuk mengalahkan penyakit kanker.

Dalam beberapa tahun belakangan, terapi tertawa atau terapi humor sudah dianggap sebagai bagian terintegrasi dari pengobatan berbagai penyakit, selain obat-obatan. Di awal abad ke-20, salah satu kasus yang sukses mengalahkan kanker lewat terapi tertawa terjadi pada pasien bernama Norman Cousins.

Bertahun-tahun menderita sakit, Cousins menyebut keputusannya untuk banyak tertawa diiringi dengan tetap meminum vitamin, membuatnya sembuh. Cousins juga menyampaikan perjalanan penyembuhan yang ia lakukan dengan tertawa, lewat buku yang ia susun di tahun 1979, “Anatomy of Illness”.

Pertama kali diperkenalkan oleh Dokter Katherine Puckett, terapi untuk para penderita kanker dilakukan beriringan dengan pemberian obat-obatan. Kesempatan untuk terapi dengan tertawa, tidak hanya untuk membantu membuat suasana hati lebih menyenangkan, tetapi juga termasuk dalam bagian olahraga fisik. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA