Sabtu 09 Jun 2012 09:52 WIB

Grup B Janjikan Permainan Penuh Intrik

Piala Eropa 2012
Foto: Reuters/Vasily Fedosenko
Piala Eropa 2012

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Dengan Jerman, Belanda dan Portugal yang semuanya menjadi pesaing sah untuk memperebutkan gelar juara, serta Denmark yang bermimpi untuk bisa mengulangi kesuksesan mereka yang mengejutkan 20 tahun silam, maka setiap pertandingan di Grup B Euro 2012 menjanjikan bakal banyak menimbulkan intrik.

 

Jerman, yang terakhir kali menjadi pemenang Kejuaraan Eropa tahun 1996, dan Belanda termasuk di antara tim-tim favorit dalam turnamen empat tahunan itu, tetapi dengan adanya Cristiano Ronaldo, yang tampaknya menjadi pemain Real Madrid dengan performa terbaik pada musim lalu, Portugal jadi tidak dapat diremehkan.

Kemudian dalam grup itu ada pula Denmark, yang mengalahkan Portugal untuk memimpin grup pada babak kualifikasi mereka sehingga tim Portugal asuhan Paulo Bento itu harus berjuang melalui suatu pertandingan playoff melawan Bosnia untuk bisa lolos ke putaran final Kejuaraan Eropa yang dituanrumahi bersama Ukraina dan Polandia ini. Walaupun timnas Denmark tidak banyak dihiasi oleh nama para pemain besar dan tenar, mereka melakukan usaha keras untuk terus dapat melaju.

Pelatih timnas Jerman Joachim Loew dan pelatih timnas Belanda Bert van Marwijk bisa membentuk satu tim yang penuh dengan nama-nama besar pemain yang yang berkiprah di liga-liga Eropa dan Liga Champions.

Tulang punggung dari tim asuhan Loew ini terdiri atas para pemain Bayern Munich yang mengalami kekalahan di final Liga Champions bulan lalu dalam permainan yang paling tidak-berkesan Jerman sekali, dari Chelsea dalam adu tendangan penalti.

Grup B Euro 2012 juga membangkitkan persaingan lama antara Belanda dan Jerman, dengan salah satu tim adidaya sepak bola ini kemungkinan tidak lolos ke babak berikut setelah tahap grup ini.

Timnas Belanda asuhan Van Marwijk, yang dikalahkan Spanyol pada babak final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, tampaknya tidak lagi menjadi tim "flamboyant" para pemain gaek.

Pelatih Belanda itu sering menempatkan pemain penyerang Mark van Bommel dan Nigel De Jong untuk menghentikan serangan lawan dengan memainkan pasing bola yang cantik khas timnas Belanda yang pernah sangat terkenal itu.

Selain itu dengan kelincahan Arjen Robben di posisi sayap dan kepiawaian striker Robin Van Persie yang tengah dalam performa terbaiknya, dalam mengolah bola, maka Belanda akan menjadi satu tim yang berbahaya.

Sementara sebagai satu-satunya tim dalam grup itu yang belum pernah menjadi juara dalam turnamen tersebut, status Portugal sebagai kuda hitam sudah dikonfirmasi oleh sejumlah hasil yang membingungkan dari pertandingan persahabatan mereka baru-baru ini, termasuk kekalahan 1-3 di kandang mereka oleh Turki pada Sabtu lalu.

Dalam pertandingan pembukaan Grup B, Belanda akan menghadapi Denmark di Kharkiv, Sabtu aore waktu setempat atau Sabtu malam WIB, sebelum Jerman berhadapan dengan Portugal di Lviv pada Sabtu malam waktu setempat atau Ahad dini hari WIB.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement