Jumat 08 Jun 2012 11:33 WIB

Apresiasi Nasionalisme melalui Karnaval Budaya

Karnaval Budaya Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Foto: Indah Prastika
Karnaval Budaya Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Indah Prastika*

JAKARTA – Memperingati ulang tahun ke-12 Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, para mahasiswa jurusan tersebut menyelenggarakan karnaval budaya. Karnaval ini diselenggarakan dengan cara mengelilingi kampus I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (6/6).

Acara ulang tahun ke-12 Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengusung tema "Big Salute for Indonesia."

Salah satu rangkaian acaranya adalah karnaval budaya yang dimulai dari Fakultas Adab dan Humaniora. Kemudian mereka berkelilingi sekitar kampus I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berhenti di titik mereka berangkat.

Karnaval budaya ini merupakan salah satu cara para mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam membuktikan rasa nasionalisme mereka. Azzar, ketua panitia Big Salute for Indonesia, mengatakan bahwa mereka ingin mengapresiasikan segala hal mengenai Indonesia dalam hakikat yang sebenarnya, terutama dalam bidang sosial, sastra dan kemanusiaan.

Karnaval yang diikuti oleh 150 mahasiswa ini dimulai sejak pukul 10.00 hingga 12.15 WIB. Uniknya, para peserta ini menggunakan pakaian-pakaian adat dari beberapa daerah di Indonesia. Bahkan beberapa peserta tidak menggunakan alas kaki saat karnaval.

Selain karnaval budaya, sederet acara telah disiapkan selama tiga hari. Di hari pertama karnaval budaya dan operasi semut mengelilingi kampus I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hari kedua (7/6) diadakan English Competition berupa lomba pidato, debat, membaca puisi serta drama. Dan malam puncak diadakan pada 8 Juni dengan tema GASOLINE (Globalization in Acculturation to Socialize Indonesian Essence) di Aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Malam puncak acara tersebut diadakan pemberian hadiah untuk para pemenang lomba-lomba dan ada pameran lukisan banner bekas.

Tidak hanya itu, ada pula kompetisi band dan penampilan dari Music of English Letters dan English Letters tradisional dance dengan mengundang bintang tamu PSM UIN Syarif Hidayatullah dan bintang tamu lainnya.

   

“Harapan saya semoga mahasiswa UIN bisa berdikari, berbakti, serta menjadi poros pembangunan di dalam masyarakat. Untuk kita semua. Untuk Indonesia yang lebih cerah,” ujar Azzar ketua panitia Big Salute for Indonesia.

*Mahasiswa Jurusan Jurnalistik Semester 6, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement