Rabu 06 Jun 2012 15:05 WIB

Piala Eropa Lebih Sulit dari Piala Dunia

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Timnas Belanda.
Foto: www.futbolwallpapers.com
Timnas Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Menjadi nomor satu di turnamen Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina adalah target Belanda. Gelandang sayap De Oranye, Rafael van der Vaart, mengatakan akan puas kalau ia dan timnya mampu mengangkat trofi Henri Delaunay. 

“Piala Eropa akan sukses bagi kami, ketika Belanda menjadi juara,” kata pemain Tottenham Hotspur tersebut kepada UEFA.com, Rabu (6/6).

Ambisi timnas Belanda untuk merebut juara akan dimulai dengan menghadapi Denmark pada Sabtu, (9/6). Kontestan Grup B lainnya adalah Jerman dan Portugal. 

Meski berada di 'grup neraka', Van der Vaart menyatakan, target menjadi yang terbaik di Benua Biru sangat realistis. Salah satu mewujudkannya, kata dia,  adalah dengan bermain penuh dedikasi dan bekerja keras untuk meraih hasil maksimal di setiap pertandingan. 

"Ada yang mengatakan hal-hal seperti ‘semi final bagus’. Tidak, kami ini finalis Piala Dunia 2010, jadi kita perlu memiliki ambisi tertinggi sekarang.”

Namun, van der Vaart tidak memungkiri perjuangan meraih Piala Eropa lebih berat daripada meraih Piala Dunia. Kalau turnamen Piala Dunia, kata dia, agak lebih mudah karena kadang-kadang di penyisihan grup haru melawan beberapa tim lemah. Sehingga performa Belanda tidak harus 100 persen.

“Tapi ketika Anda berada dalam grup dengan Jerman, Portugal dan juga Denmark, maka Anda harus siap dari menit pertama dan seterusnya.”

Piala Eropa kali ini adalah yang ketiga kalinya bagi van der Vaart. Pemain berumur 29 tahun tersebut kali pertama tampil di Piala Eropa 2004. Ketika itu Belanda hanya sampai semifinal setelah disingkirkan Portugal, yang bertindak sebagai tuan rumah. 

Karena itu kalau tidak juara sekarang maka sangat sulit bisa mengulanginya lagi empat tahun kemudian. “Sekarang merupakan usia yang ideal bagi saya. Jika Anda bisa melakukannya sekarang, maka pasti harus terjadi,” ujar mantan pemain Real Madrid tersebut.

sumber : UEFA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement