Senin 04 Jun 2012 00:58 WIB

FIFA Tempatkan Spanyol dan Jerman Favorit Juara

Rep: Umi Lailatul/ Red: Karta Raharja Ucu
Pemain timnas Spanyol melakukan selebrasi usai Fernando Torres (dua kiri) mencetak gol ke jala Korea Selatan dalam laga uji coba di Bern pada 30 Mei.
Foto: Reuters/Pascal Lauener
Pemain timnas Spanyol melakukan selebrasi usai Fernando Torres (dua kiri) mencetak gol ke jala Korea Selatan dalam laga uji coba di Bern pada 30 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Duo finalis Piala Eropa 2008, Spanyol dan Jerman disebut-sebut 'memiliki sesuatu lebih' yang membuat keduanya ditempatkan sebagai tim favorit juara Piala Eropa 2012. Hajatan sepak bola terakbar di benua biru itu  bakal digelar Jumat (8/6) mendatang.

Selain Spanyol dan Jerman, Presiden Union of European Football Associations (UEFA), Michel Platini juga menempatkan Italia di dalam daftar tim favorit juara. Alasannya, menurut Platini Gli Azzurri adalah tim yang sulit dikalahkan.

"Untuk favorit, saya selalu membuat perbedaan antara mereka yang bisa menang dan mereka yang sulit dikalahkan. Jadi saya menempatkan Jerman dan Spanyol dalam kategori pertama, sementara itu tim lain seperti Denmark, Portugal, Italia, Prancis akan menjadi lebih sulit dikalahkan pula," kata Platini dalam wawancara dengan Agence Presse Prancis.

''Spanyol menjadi favorit pertama karena tim Matador adalah juara Piala Eropa edisi sebelumnya dan Piala Dunia 2010. Tim Panzer Jerman juga tidak bisa diremehkan karena memiliki pemain yang masih muda dan berbakat," papar Platini.

Pria asal Prancis itu menambahkan, ''Kami akan melihat tim-tim ini menjadi luar biasa dengan pemain yang telah terbukti tangguh."

Mantan legenda Timnas Ayam Jantan, Prancis dan Juventus itu mengingatkan, tim jagoan tidak boleh terbuai akan pujian dan dukungan. ''Ini sepakbola sulit diprediksi, karena itulah sisi tersebut menjadi menarik,’’ ujar pria 56 tahun itu.

Pihak penyelenggara dan UEFA, sebut Platini, berjanji akan bersikap netral di Ukraina-Polandia. "Itu adalah kompetisi untuk memenangkan yang terbaik," ujarnya mengakhiri.

sumber : Tuttosport
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement