Jumat 01 Jun 2012 10:23 WIB

Prancis Tekuk Serbia 2-0

Franck Ribery, winger timnas Prancis, meluapkan emosi kegembiraannya usai mencetak gol dalam laga uji coba lawan Serbia di Reims, Prancis, Kamis (31/5).
Foto: AP/Thibault Camus
Franck Ribery, winger timnas Prancis, meluapkan emosi kegembiraannya usai mencetak gol dalam laga uji coba lawan Serbia di Reims, Prancis, Kamis (31/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Prancis kembali ke jalur benar dalam melakukan persiapan menjelang Euro 2012, setelah membukukan kemenangan 2-0 atas Serbia di Reims, Prancis, Kamis.

Tim Les Bleus berjuang keras mengalahkan tim peringkat 131 Islandia pada pertandingan Minggu, ketika lini bertahan mereka amat rapuh sehingga sempat ketinggalan 0-2 sebelum berhasil meningkatkan permainan mereka.

Pelatih Prancis Laurent Blanc menyatakan, pertandingan persahabatan pertama menjelang kompetisi Euro di Polandia dan Ukraina itu dalam usaha membangun keprimaan fisik serta mempertahankan irama permainan, setelah beberapa saat rehat usai kompetisi musim ini.

Pada pertandingan kedua di Reims, kelihatan bahwa pelajaran yang didapatkan mereka sudah diterapkan di lapangan. Dua gol yang dihasilkan Franck Ribery dan Florent Malouda pada 15 menit awal, sudah cukup untuk menjegal Serbia hingga akhir pertandingan.

Tapi kegembiraan Blanc petang itu diwarnai dengan kekhawatiran akan cedera yang menimpa pemain tengah Rennes, Yann M'Vila, yang disebut-sebut akan pindah ke Arsenal.

M'Vila mengalami cedera pada pergelangan kaki kanannya ketika terjadi kontak fisik dengan Dusan Tadic. Ia terlentang beberapa saat dan harus digantikan Alou Diarra, sedangkan M'Vila harus dibalut kakinya sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Tetapi tim dokter Fabrice Bryand mengatakan, berdasar test yang dilakukan, cedera M'Vila's "tidak serius". "Akan ada test lagi Jumat, tetapi hasil pemeriksaan pertama menunjukkan cederanya tidak berat, tidak serius," kata Bryand.

"Test dilakukan pada pergelangan kaki kanannya serta pada urat kaki. Kami harus menunggu hingga 48 jam untuk menentukannya. Tapi tidak ada keretakan," katanya.

Pertandingan itu merupakan yang pertama dilakukan tim Prancis, sejak Blanc mengumumkan 23 pemainnya untuk tampil di Euro 2012, sedangkan pengatur serangan dari Lyon Yoann Gourcuff serta pemain bertahan Montpellier Mapou Yanga-Mbiwa, keluar dari tim awal. Tapi kedua pemain veteran lah yang mencetak gol.

Pada menit ke-11, Ribery bergerak cepat di sisi kiri dan memotong penjagaan Gael Clichy tapi bolanya disapu penjaga gawang Serbia Zeljko Brkic dan mental ke arah pemain tengah Bayern Munich yang sudah bergerak ke pojok kotak penalti.

Pemain dari Prancis itu menendang dari ruang terbuka dan bola melayang melewati penjaga gawang, yang tidak sempat bereaksi.

Empat menit kemudian, Malouda melayangkan tendangan kaki kiri ke arah pojok gawang, setelah barisan bertahan Serbia kehilangan kendali dibawah tekanan Anthony Reveillere yang berada sekitar 30 meter dari mulut gawang.

Brkic berusaha menepis bola, tapi tendangan Malouda dengan kecepatan 98 km per jam itu terlalu keras dan tidak sempai ke jangkauannya.

Prancis akan melanjutkan laga persahabatan internasional melwan Estonia di Le Mans pada 5 Juni, sebelum memulai pertandingan awal di Wuro 2012 melawan Inggris di Donetsk, Ukraina, pada 11 Juni.

Serbia gagal maju ke kompetisi Euro dan saat ini sedang membangun kekuatan untuk menjalani laga penyisihan Piala dunia 2014 dan akan bertemu dengan Kroasia, Belgia, Skotlandia dan Wales.

"Kami berusaha untuk tampil sempurna tapi masih belum dapat melakukannya," kata Blanc kepada TV1.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement