Jumat 25 May 2012 14:32 WIB

Piala Eropa, Italia Kemungkinan Boyong Enam Striker

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Hazliansyah
 Pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli, memimpin skuatnya menggelar pemusatan pelatihan di Coverciano sports center, Florence, Italy, Rabu (23/5).
Foto: AP/Fabrizio Giovannozzi
Pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli, memimpin skuatnya menggelar pemusatan pelatihan di Coverciano sports center, Florence, Italy, Rabu (23/5).

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Menghadapi Piala Eropa 2012, timnas Italia kemungkinan besar akan memboyong enam striker. Ini setelah sang pelatih Cesare Prandelli menyaratkan tidak akan mencoret satupun dari keenam penyerang yang saat ini mengikuti seleksi.

Dari 32 pemain yang kini berada dalam skuat sementara Azzuri, enam diantaranya memang diisi oleh posisi penyerang. Mereka adalah Mario Balotelli (Manchester City), Antonio Cassano (AC Milan), Antonio Di Natale (Udinese), Sebastian Giovinco (Parma), Mattia Destro (Siena) dan Fabio Borini (AS Roma).

Seperti dilansir Football Italia, Jumat (25/5), Prandelli mengaku terkesan dengan keenam pemain tersebut karena memiliki kualitas, pergerakan, naluri menyerang yang baik, dan mampu bekerja sama dengan tim. "Mereka semua pantas berada disini. Dan jika saya mempertahankan semuanya, kemungkinan saya akan mengorbankan pemain bertahan," kata Prandelii.

Sebelumnya, Prandelli mengaku sempat ragu dengan posisi penyerang yang diisi pemain muda seperti Destro dan Borini. Terlebih Italia juga memiliki pemain gelandang Alessandro Diamanti yang bisa bermain di lini depan. Namun dengan tipikal permainan Destro yang tidak suka membuang waktu, keraguan Prandelli berubah menjadi keyakinan.

Meski begitu, ia tetap akan melihat perkembangan pada beberapa latihan yang akan datang sebelum mengumumkan skuat final pada Senin sore (28/5) waktu setempat.

Mantan pelatih Fiorentina itu juga tidak ragu dengan kehadiran dua striker lainnya, yakni Antonio Cassano dan Mario Balotelli. Meski Cassano baru saja kembali merumput dari istirahat enam bulan pasca operasi jantung, Prandelli yakin Cassano mampu menjalankan perannya dengan baik.

"Saya selalu menginginkan Cassano bersama Italia. Dua tahun terakhir, ia telah menampilkan permainan positif dalam tim ini," ujar Prandelli sambil menegaskan bahwa Cassano sangat pantas menggunakan kostum timnas Italia.

Terkait Balotelli, Prandelli juga memberi kepercayaan penuh dengan pemain yang dijuluki Super Mario ini. "Balotelli? saya optimis ketika ia berkata tidak akan mendapatkan kartu merah. Saya percaya 100 persen untuk itu," tambah Prandelli.

Di Piala Eropa 2012, Italia berada di Grup C tergabung bersama Spanyol, Republik Irlandia dan kroasia. Italia terakhir kali merebut trofi turnamen ini pada tahun 1968 setelah mengalahkan Yugoslovia dalam partai puncak.

sumber : Football Italia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement