Rabu 23 May 2012 08:07 WIB

Mau Terapkan Pendidikan Karakter? Arahkan ke Madrasah

Menteri Agama Suryadharma Ali meninjau pelaksanaan UN di Madrasah
Foto: Antara
Menteri Agama Suryadharma Ali meninjau pelaksanaan UN di Madrasah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pendidikan berkarakter dinilai penting dilakukan bagi para siswa. Untuk itu, Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, menyarankan agar penyelenggaraan pendidikan berkarakter lebih diarahkan ke madrasah.

"Kita perlu mengarahkan pola kurikulum madrasah pada sistem boarding school, minimal full day school," katanya di Padang, kemarin, saat rapat kerja Kementerian Agama tingkat provinsi.

Menurutnya, penyelenggaraan pendidikan berkarakter penting diarahkan ke madrasah, karena apa yang dipelajari baru sebatas kognitif, belum lagi pada pemahaman (afektif) apalagi penerapan/pengamalan (psikomotorik). Pondok pesantren merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter yang memiliki potensi besar dalam melahirkan SDM berkarakter dan berkepribadian.

"Kita boleh lihat proses pendidikan madrasah saat ini, pembelajaran pendidikan kepada siswa-siswanya baru sebatas pengetahuan yang kemudian dihapal dan dipelajari," katanya. Menurutnya, perlu ada sistem yang menggabungkan pengetahuan umum dengan penerapan nilai-nilai keagamaan, Dengan begitu, katanya, diharapkan para siswanya pintar-pintar, memiliki kepribadian yang baik, dan dapat dibanggakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement