Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Lebaran Dua Bulan Lagi, Tiket KA Sudah Habis

Selasa 22 May 2012 12:54 WIB

Rep: Alicia Saqina/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Sejumlah calon penumpang mengantre tiket kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Sejumlah calon penumpang mengantre tiket kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Foto: Antara/Yudhi Mahatma

REPUBLIKA.CO.ID, GAMBIR – Masih dua bulan lagi Hari Raya Idul Fitri 1433 H tiba, namun penjualan tiket kereta api untuk hari H sudah ludes terjual. Para calon penumpang KA yang akan membeli tiket yang dijual Selasa (22/5) ini, hanya bisa membeli tiket untuk keberangkatan tanggal 20 Agusuts atau H +1.

Kepala Stasiun Besar Gambir, Edy Kuswoyo, mengatakan, penjualan tiket KA untuk keberangkatan dari tanggal 16 hingga 19 Agustus, tidak bersisa. “Kalau penumpang membeli tiket pada hari ini, berarti untuk keberangkatan 20 Agustus,” ujar Edy, saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut dia, tiket KA untuk keberangkatan H-3 sudah habis terjual. Kondisi ini disebabkan pemesanan dan pembeliannya sudah bisa dilakukan sejak H- 90 dari tanggal keberangkatan. Selain itu karena masyarakat atau penumpang bisa mendapatkan tiket KA dari agen-agen perjalanan resmi serta minimarket yang telah bekerja sama dengan PT. KAI. Oleh karena itu pembeliannya tidak harus mendatangi loket-loket di stasiun.

Edy menjelaskan, pembelian tiket di stasiun dimulai sejak pagi. “Loket buka mulai pukul 07.00 WIB sampai KA berangkat. Kalau dengan sistem online, 24 jam,” ujarnya.

Dia memperkirakan, jumlah keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir pada masa musim mudik –Idul Fitri– tersebut, setiap harinya bisa mencapai 8 ribu hingga 9 ribu orang. Jumlah tersebut untuk tujuan ke berbagai stasiun tujuan.

Ditanya antisipasi pihak stasiun untuk mengatasi lonjakan penumpang di masa-masa padat tersebut, Edy mengatakan sampai kini belum ada rencana penambahan tiket ataupun gerbong kereta api. Edy mengaku, terkait itu, belum bisa dipastikan saat ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA