Sabtu 19 May 2012 03:04 WIB

Hilangkan 10 Masalah Kulit

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: Dewi Mardiani
Perawatan kulit wajah. (ilustrasi)
Foto: www.pakarbedahplastik.com
Perawatan kulit wajah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kulit yang sehat adalah idaman setiap manusia. Paling tidak, ada sepuluh permasalahan kulit yang paling sering terjadi. Permasalahan tersebut antara lain adalah nutrisi yang tidak masuk ke dalam kulit, tidak lembab, penuaan dini, kerutan, kulit tidak kencang, kusam, noda hitam, warna tidak merata, tidak cerah, dan terkena radiasi ultraviolet. Masalah itu bisa diatasi dengan pemakaian losion kulit.

Kepala Departemen Kulit RSPAD Jakarta, dr Abraham Arimuko, mengatakan semakin bertambahnya usia yang dimulai sejak 25 tahun, regenerasi sel kulit di tubuh juga mengalami perlambatan. “Di saat itu, sepuluh masalah itu akan mudah terjadi,” ujarnya dalam diskusi soal permasalahan kulit ini yang digagas oleh Vaseline Healthy White Perfect 10, beberapa waktu lalu.

Penyebab masalah kulit tersebut, adalah karena paparan sinar matahari, polusi, dan terlalu banyak berada di ruangan ber-AC. Hal-hal ini akan menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya sehingga membuat kulit kering, kasar, dan cepat menua.

Menurutnya, orang Indonesia sering mengunderestimate-kan kulit tubuh. “Karena yang menjadi prioritas adalah kulit wajah biasanya,” ujarnya. Hal ini, menurut Abraham adalah salah besar, karena permasalahan kulit sama kompleksnya dengan kulit wajah. Waktu terbaik untuk melakukan perawatan pada kulit tubuh adalah sejak lahir. “Setiap selesai mandi, berikan pelembab dan perlindungan pada kulit,” ujarnya.

Brand Manager Vaseline dari PT Unilever Indonesia, Hilda Kitti, mengatakan ada formula-formula terbaru yang ada pada Vaseline baru ini, untuk menghilangkan sepuluha masalah kulit utama tersebut. “Kami menambahkan kandungan pro retinol, AHA, vitamin B3 dan anti oksidan,” ujarnya.

Pro retinol bisa membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru kulit dan menstimulasi produksi kolagen untuk mencegah penuaan pada kulit. AHA bisa membentuk stratum korneum yang baru untuk regenerasi kulit dan meningkatkan kolagen.

Vitamin B3 berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sedangkan anti oksidan untuk mengikat radikal bebas, agar kulit tidak kusam dan selalu sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement