Jumat 18 May 2012 15:37 WIB

Obor Olimpiade 2012 Siap Diterbangkan ke London

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Api obor Olimpiade 2012 akan diserahkan kepada pengelola Olimpiade London untuk diterbangkan ke Inggris, Jumat (18/5) ini dalam sebuah upacara di Athena, Yunani. Sebelumnya api obor olimpiade yang telah dinyalakan sejak Kamis (10/5) lalu telah dibawa berkeliling Yunani.

 

Ketua Penyelenggara Olimpiade London 2012, Sebastian Coe, Menteri urusan Olimpiade Inggris, Hugh Robertson, dan Walikota London, Boris Johnson, hadir dalam upacara serah terima obor Olimpiade London 2012 di Stadion Panathenaic, Athena, Yunani.

 

Setelah diserahkan kepada pengelola Olimpiade London 2012, obor akan menginap semalam di Kedutaan Besar Inggris di Athena. Penerbangan ke Inggris akan dilaksanakan Jumat malam waktu setempat dengan menggunakan pesawat yang sudah dicat khusus dan akan mendarat di pangkalan udara Angkatan Laut Inggris di Culdrose, Cornwall, di ujung Barat daya Pulau Inggris.

 

"Ketika obor tiba dan pawai estafet dimulai, itu merupakan momentum jasmani dalam pengertian menuju olimpiade," kata Putri Anne, salah seorang putri Ratu Elizabeth II, yang akan menerima obor dari Presiden Komite Olimpiade Yunani, Spyros Capralos, kepada BBC, seperti dilansir Reuters.

 

Bintang sepak bola Inggris, David Beckham, yang ditunjuk sebagai Duta Besar Olimpiade London 2012 termasuk dalam delegasi tersebut.

 

Di Inggris, obor olimpiade akan berkeliling sepanjang 12.875 km dengan melibatkan delapan ribu pembawa obor selama 70 hari dengan tujuan akhir Stadion Olimpiade di London timur. Saat upacara pembukaan Olimpiade London tanggal 27 Juli mendatang, obor tersebut akan digunakan untuk menyalakan obor di stadion.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement