Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

Solskjaer Kembali ke Liga Primer Inggris?

Jumat 18 May 2012 14:01 WIB

Rep: Nur Farida/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer

Foto: unitedindonesia

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS - Bagi penggila klub Manchester United (MU), nama Ole Gunna Solskjaer mungkin masih terus teringat manis di benak Anda. Pemain berwajah 'imut' ini kabarnya akan kembali ke Liga Inggris.

Namun, kembalinya Solskjaer bukan sebagai pemain lagi, apalagi di klub Setan Merah. Melainkan sebagai pelatih Aston Villa menggantikan posisi Alex McLeish, yang dipecat akhir musim ini.

Mantan legenda MU ini sedang digadang gadang sebagai pilihan favorit menggantikan bangku kosong di Villa Park.

McLeish dipecat pada Senin (14/5) setelah meninggalkan klub yang dipimpinnya menyelesaikan musim 2011/2012 di tempat yang mengecewakan, hanya dua poin terpaut di atas zona degradasi klasemen Liga Primer Inggris.

Beberapa surat kabar menginformasikan nama pemain asal Norwegia ini muncul bersama beberapa nama kandidat pengisi bangku pelatih the Villa musim depan, bos Norwich Paul Lambert, pelatih Wigan Athletic Roberto Martinez, dan manajer Swansea Brendan Rodgers.

Persaingan untuk mendapatkan para manajer tersebut kabarnya akan semakin berat. Hal ini menyusul didepaknya pelatih Liverpool Kenny Dalglish dari bangku kepelatihannya akhir musim ini. 

Beberapa nama pelatih yang masuk dalam daftar pengganti Alex McLeish dipastikan akan berlomba juga mengisi kursi King Kenny untuk membesut skuad the Reds di Liga Primer musim depan.

Surat kabar the Telegraph, Jumat (18/5) melaporkan jet pribadi milik CEO the Villa, Randy Lerner berada di Norwegia pada Kamis malam. Fakta yang makin membenarkan Aston Villa dalam pembicaraan untuk membawa Solskjaer ke Birmingham mengisi kekosongan bangku manajer Aston Villa. 

Meski demikian belum ada pendekatan resmi kepada mantan pemain 39 tahun ini untuk menjadi penerus McLeish karena Lerner masih membicarakan rencana dengan kepala eksekutif Villa, Paul Faulkner.

Meski demikian, Solskjaer juga dikhawatirkan akan memberikan keputusan sulit jika mendapatkan tawaran menjadi pengganti McLeish untuk membesut Aston Villa musim panas mendatang. 

Pasalnya, karir pemain berjuluk 'the baby faced assassin' sebagai manajer ini sedang menanjak. Setelah memulai debutnya dengan melatih tim cadangan Manchester United selama 2.5 tahun, Solskjaer yang kini menjadi pelatih di kota kelahirannya sedang menikmati melihat anak asuhannya tumbuh membesarkan klub Molde di kampung halamannya Kristiansund, Norwegia. 

Solskjaer yang masih memiliki dua tahun kontrak tersisa dengan Molde ini, membawa klub yang bermain di Liga Primer sepak bola Norwegia untuk pertama kalinya dalam sejarah klub mendapatkan tropi liga pertamanya pada Oktober 2011 di tahun pertamanya sebagai manajer.

Selain itu, Solskjaer juga memiliki kesempatan untuk melihat klub yang membuat namanya bersinar sebagai striker muda asal Norwegia sebelum pindah ke Old Trafford pada 1996 ini, berlaga di kompetisi Liga Champions mendatang, sebagai klub yang ikut tahap putaran kedua babak kualifikasi untuk mengambil bagian dalam pertandingan Liga Champions.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA