Rabu 09 May 2012 09:29 WIB

Marah Besar? Ini Dia Kiat Atasi Rasa Marah yang Efektif (3)

email
email

REPUBLIKA.CO.ID, Rasa marah adalah manusiawi. Itu adalah rasa yang menjadi bagian dari kehidupan. Akan tetapi, ketika Anda mengalami depresi, rasa marah yang dalam hanya akan memperburuk situasi. Menangani depresi dapat mengurangi rasa marah. Simak trik berikut sehingga Anda tak lagi kalah oleh amarah.

Olahraga

Aerobik, berjalan santai, atau joging bisa menjadi cara ampuh untuk mengendalikan rasa marah. Anda merasakan sensasi psikologi serupa ketika marah seperti berkeringat, bernapas dengan dalam, adrenalin terpompa.

Dengan berolahraga, Anda seperti punya alasan untuk merasakan sensasi serupa, yaitu karena Anda sedang olahraga. Aktivitas serupa juga membantu melepaskan endorfin, hormon di otak yang membantu kita lebih rileks dan mampu mengendalikan emosi.

Belajar ikhlas

Melakukan sesuatu dengan ikhlas untuk orang lain sepertinya berlawanan dengan rasa marah dan agresif. Memang tak mudah untuk marah dan ikhlas dalam waktu bersamaan. Namun, tak ada salahnya dicoba karena berusaha ikhlas adalah hal yang baik dilakukan terhadap orang yang membuat kita marah. 

Rasa ikhlas juga membantu meredakan rasa marah orang lain. Dari hasil penelitian diketahui ungkapan mendukung pada orang yang marah dengan cara berbicara dengannya jsutru lebih efektif untuk meredam situasi.

Jangan kirim email saat marah

Jika marah, jangan pernah kirim email. Jika benar-benar harus mengatakan sesuatu, cobalah tulis dan simpan dulu dalam boks draft selama 24 jam sebelum mengirimnya.

Ini akan membantu Anda memberi waktu untuk berpikir lebih rasional. Jangan ragu juga untuk mengatakan pada orang yang membuat Anda marah bahwa Anda butuh waktu satu atau dua hari untuk memikirkan masalah itu.

sumber : health.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement