Ahad 29 Apr 2012 10:12 WIB

Nilai UN Bisa Jadi Standarisasi Masuk PT

Ujian Nasional (ilustrasi).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ujian Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Nilai Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bisa menjadi standarisasi masuk Perguruan Tinggi (PT). Karena, soal tes masuk PT hampir sama dengan soal UN tersebut.

Wakil Direktur II Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bangka Belitung, Harwadi, di Sungailiat, Ahad, menjelaskan Polman setuju jika nilai UN dijadikan standarisasi masuk PT. Karena, ada persamaan soal tes dan berguna untuk menekan biaya menyelenggarakan tes setiap tahunnya.

Pernyataan tersebut disampaikannya menanggapi semakin tingginya standarisasi kelulusan siswa setiap UN yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Nilai UN bisa menjadi standarisasi masuk PT saat ini telah menuai pro kontra di berbagai kalangan. Karena di satu sisi, ada yang menilai hasil penerimaan mahasiswa baru tidak perlu lagi melalui jalur tes masuk PT. Namun, hal tersebut cukup dengan menggunakan nilai UN.

Namun di sisi lain, ada yang menganggap nilai UN tidak bisa menjadi standarisasi masuk PT. Karena, nilai UN yang besar i belum tentu sesuai dengan tingkat kemampuan anak yang bersangkutan. Sehingga, setiap PT harus melakukan tes tertulis dalam menyeleksi calon mahasiswanya.

"Guna mengimplementasikan nilai UN menjadi standarisasi masuk PT, tentunya membutuhkan ketegasan dari Kemendikbud dan pihak terkait lainnya agar tidak menimbulkan permasalahan baru,'' katanya. ''Selain menghemat pengeluaran untuk menyelenggarakan seleksi masuk PT, nilai UN menjadi standarisasi masuk PT juga meringankan beban para siswa yang akan mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi tertentu.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement