Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Stroberi Bandung Pecahkan Rekor MURI

Kamis 26 Apr 2012 21:11 WIB

Rep: Muhammad Ghufron/ Red: Hafidz Muftisany

Buah stroberi

Buah stroberi

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG--Pemerintah Kabupaten Bandung kembali memecahkan rekor Indonesia. Kali ini bukan dalam sajian budaya. Melainkan, hidangan belasan ribu gelas jus stroberi.
 
Sebanyak 15.371 gelas jus stroberi dihidangkan pada perayaan hari jadi Kabupaten Bandung ke-371. Hidangan ini pun memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). "Kami berikan penghargaan untuk rekor tersebut," kata pengurus MURI, Ngadri, Kamis (26/4).

Menurut dia, jumlah hidangan jus stroberi ini membuat rekor baru untuk Indonesia. Sebelumnya, rekor sempat dipecahkan Pemerintah Kabupaten Malang dengan menghidangkan sebanyak 13.700 gelas.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengatakan, angka 15.000 sengaja disajikan karena untuk melampaui rekor Kabupaten Malang. Sedangkan 371 sebagai simbol hari jadi Kabupaten Bandung.

Pemecahan rekor ini, kata dia, merupakan bagian dari rangkaian acara yang disajikan pemerintah daerah. "Kami sengaja menyajikan gratis minuman tersebut," ujar Tisna. Buah stroberi sengaja ditonjolkan karena untuk mengenalkan buah yang diproduksi asli dari Kabupaten Bandung.

Dalam proses pembuatannya, pemerintah melibatkan sekitar 600 orang ibu-ibu PKK, dengan bantuan alat pembuat jus sebanyak 200 buah. Pemerintah juga memberikan sekitar 1,5 ton buah stroberi, dan 5.000 kilogram gula sebagai bahan utama membuat minuman tersebut.

Buahnya, kata Tisna, diperoleh dari perkebunan stroberi di Ciwidey dan Rancabali. Dua kecamatan itu, menurut dia, merupakan wilayah penghasil stroberi terbesar di Jawa Barat. Produksinya pun sudah menjangkau ke seluruh Indonesia.

Bupati Bandung Dadang Mohamad Naser berharap rekor baru yang disemat Kabupaten Bandung ini bisa membawa dampak positif. Selain untuk ikon wilayah, stroberi diharapkan bisa menjadi salah satu pendongkrak perekonomian masyarakat.

Pembuatan jus stroberi juga sekaligus menjadi rekor kedua bagi Kabupaten Bandung. Sebelumnya, wilayah ini memecahkan rekor 1000 orang bermain alat musik tradisional Karinding. "Ke depan, kami akan mencoba menciptakan rekor-rekor lainnya," kata Dadang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA