Senin 23 Apr 2012 22:05 WIB

Polisi Tangkap Pengedar Kunci Jawaban UN

Ujian Nasional (ilustrasi).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ujian Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Jajaran Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur, Senin, menangkap seorang pemuda yang diduga menjadi pelaku penyebaran kunci jawaban ujian nasional tingkat SMP. Kasat Reskrim Polres Trenggalek, AKP Supriyanto, mengatakan pelaku diidentifikasi berinisial SEP (23).

"Penggerebekan dilakukan sekitar pukul 11.30 WIB di sebuah rumah di RT 3/RW 1 yang berlokasi tak jauh dari kediaman pelaku," kata Supriyanto.

SEP berstatus seorang mahasiswa asal Desa Nglongsor, Kecamatan Tugu. Pelaku tertangkap tangan dengan sejumlah barang bukti yang diduga kunci jawaban UN tingkat SMP.

Berdasar hasil penyidikan sementara, barang bukti tiga lembar kertas yang dipegang SEP masing-masing berisi kunci jawaban UN untuk mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Saat digerebek petugas, pelaku tengah bersiap mengedarkan kunci jawaban soal kepada seseorang bernama Bambang.

"Pengakuannya begitu. Ada permintaan kunci jawaban soal dari seseorang bernama Bambang. Apakah dia adalah siswa peserta ujian nasional atau wali murid atau lainnya, kami belum bisa memastikan,'' ujar Supriyanto. ''Yang jelas pelaku ini bekerja sama dengan seseorang bernama Nuri yang berlokasi di Jember."

Polisi saat ini tengah berupaya mengembangkan kasus tersebut dengan melacak jejak dua pria yang disebut-sebut SEP. Pemesan kunci jawaban soal bernama Bambang serta pemberi kunci jawaban bernama Nuri.

Terkait kunci jawaban yang dibawa SEP, sejauh ini belum diketahui benar atau tidak. Sebab, tidak menutup kemungkinan SEP dan kawan-kawan merupakan komplotan yang ingin mengeruk keuntungan dari pelaksanaan UN dengan menjual kunci jawaban palsu. Apalagi, kunci jawaban tersebut hanya satu jenis. Padahal, setiap mata pelajaran ada beberapa jenis soal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement