Sabtu 21 Apr 2012 22:02 WIB

Sebastian Vettel Raih Pole Position GP Bahrain

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Sebastian Vettel
Foto: AP
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID, SAKHIR -- Pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel merebut pole position yang mengantarkannya start di posisi terdepan pada GP Bahrain, Ahad (22/4). Vettel mencetak waktu tercepat dalam kualifikasi balap Formula One (F1) dengan catatan waktu 1 menit 32,422 detik, Sabtu (21/4).

Catatan waktu juara bertahan F1 ini lebih cepat 0,98 detik dari pebalap McLaren Mercedes, Lewis Hamilton yang menempati urutan kedua.

Sementara rekan setim Vettel, Mark Webber mencetak waktu tercepat ketiga disusul Jenson Button di posisi keempat. Pebalap Mercedes yang menjuarai GP China pekan lalu, Nico Rosberg akan memulai start di posisi kelima. Rekan setim Rosberg, Michael Schumacher gagal mengikuti babak kualifikasi dan bakal start dari posisi 18. Sedangkan pebalap Ferrari, Fernando Alonso menempati urutan kesembilan dan rekannya, Felipe Massa berada di posisi ke-14.

Hasil ini menyiratkan lomba seri keempat F1 akan berlangsung sengit. Pasalnya, empat posisi terdepan direbut pebalap Red Bull Racing dan McLaren Mercedes yang saat ini sedang menguasai klasemen.

Pebalap Toro Rosso, Daniel Ricciardo mendesak maju saat menempati urutan keenam yang merupakan capaian terbaik dalam kariernya. Ia berada di depan pebalap Lotus-Renault Romain Grosjean dan pebalap Sauber Sergio Perez.

Gagalnya juara dunia F1 tujuh kali Schumacher dalam menyelesaikan sesi kualifikasi merupakan kejutan. Kegagalan itu tak lepas dari masalah Drag Reduction System alias sayap fleksibel yang menjadi bagian piranti mobil tunggangannya.

Sementara bagi pabrikan William, sesi GP Bahrain bukan yang terbaik. Sebab kedua pebalapnya meraih hasil tidak maksimal. Bruno Senna menempati posisi ke-15 dan rekan setimnya, Pastor Maldonado start dari urutan ke-22 seteah bermasalah dengan Kinetic Energy Recovery System (KERS) mobilnya.

Memasuki seri kalender GP F1 keempat, Hamilton masih memuncaki klasemen dengan 45 poin, disusul rekannya Button (43 poin). Sedangkan Alonso menguntit di urutan ketiga dengan 37 poin diikuti Webber (36 poin), serta Vettel (28 poin). Adapun Rosberg berada di urutan ketujuh dengan 25 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement