Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Kisah Meredupnya Sinar Alexander Hleb

Sabtu 21 Apr 2012 21:42 WIB

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu

Alexander Hleb

Alexander Hleb

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Karir Alexander Hleb terus meredup pascameninggalkan Arsenal pada 2008. Sejak saat itu, Hleb mulai menjalani periode sulit dalam karier sepakbolanya.

Hleb memutuskan hengkang dari Emirates Stadium dan bergabung dengan klub raksasa Spanyol, Barcelona. Namun, di klub Katalan ini, gelandang asal Belarusia ini gagal menunjukkan performa terbaiknya. Padahal, ketika berjersey Arsenal pada medio 2005-2008, Hleb menjadi salah satu pilar penting dalam skuat besutan Arsene Wenger. Ia pun perlahan-lahan mulai tersingkir.

Gagal bersinar di musim debutnya, Hleb kemudian menjadi pemain pinjaman selama dua musim berikutnya. Ia bermain untuk klub Bundesliga, VfB Stuttgart, kemudian hijrah ke Liga Inggris dan memperkuat Birmingham City. Sebelum akhirnya kembali menjadi pemain pinjaman di Wolfsburg. Selama masa 'pembuangannya', jelas Hleb, membela Birmingham merupakan keputusan yang ia sesalkan.

"Di Birmingham, perlahan-lahan membuat saya frustasi," kata Helb seperti dilansir Mirror Football, akhir pekan ini.

Ia pun menyesali langkahnya untuk bermain dengan Birmingham. Padahal sebelumnya, ada klub asal Rusia yang berminat menggunakan jasanya.

Menurut Hleb, Birmingham saat itu hanya mengenal pola permainan 'kick and run'. Pola yang sempat menjadi ciri khas sepak bola Inggris. Namun, dengan pola permainan itu membuatnya kesulitan untuk menyentuh bola dalam pertandingan. Bukan hanya itu, ia juga mengkritik pelatih Birmingham saat itu, Alex McLeish. "McLeish hanya datang sekitar lima menit dalam sesi latihan dan kemudian menghilang. Saya tidak berpikir ada tipikal pelatih seperti dia," kata gelandang berusia 30 tahun itu.

Satu musim bermain untuk Birmingham, Hleb memilih dipinjamkan ke Wolfsburg. Tapi di klub Bundesliga ini pun ia jarang bermain karena bermasalah dengan cedera. Ia kembali ke Barcelona dari masa pinjaman, tetapi kontraknya diputus setelah ada kesepakatan bersama. Sejak bursa transfer Januari lalu, Helb akhirnya bergabung dengan klub Liga Primer Rusia, Krylia Sovetev Samara.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA