Jumat 13 Apr 2012 13:38 WIB

Fisipol UGM Terbitkan Jurnal Online

Kampus UGM
Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan meluncurkan jurnal "online" untuk memfasilitasi interaksi, diskusi, advokasi, dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan sosial dan politik.

"Jurnal 'online' itu merupakan jurnal ilmiah di bidang sosial dan politik yang diterbitkan Fisipol UGM," kata Wakil Dekan Bidang Penelitian, Kerja Sama, dan Pengabdian kepada Masyarakat Fisipol UGM Gabriel Lele di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) itu bertujuan untuk menyuguhkan kekayaan wawasan dan interpretasi atas berbagai fenomena sosial politik baik yang terjadi di Indonesia maupun di luar negeri.

"Jurnal ilmiah 'online' itu diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran bagi studi Indonesia," kata Gabriel.

Ia mengatakan, dalam rangka pra-peluncuran edisi "online" itu JSP membuka akses seluruh artikel elektronik yang telah terunggah. Akses gratis itu terbuka bagi semua pengunjung situs JSP "online" sampai dengan 30 April 2012.

"Artikel elektronik akan terus di-'update' hingga seluruh volume JSP sejak edisi pertama pada 1997 terunggah ke website JSP http://jurnalsospol.fisipol.ugm.ac.id," katanya.

Menurut dia, JSP telah terbit sejak Juli 1997 dan terbit secara berkala sebanyak tiga kali dalam setahun, yakni setiap Maret, Juli, dan November. "Para penulis yang tampil dalam setiap volume adalah para akademisi yang menaruh perhatian terutama pada isu sosial dan politik," katanya.

Namun demikian, kata dia, JSP tetap tidak membatasi diri dengan hanya menyajikan naskah dari para akademisi di lingkungan Fisipol UGM.

"JSP membuka lebar peluang publikasi bagi naskah-naskah hasil karya akademisi dari seluruh Indonesia maupun mancanegara dengan berbagai latar belakang dan perspektif," kata Gabriel.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement