Kamis 12 Apr 2012 16:34 WIB

Ganti Girbox Hamilton Kena Penalti Lima Grid Start

Rep: citra listya rini/ Red: Taufik Rachman
Lewis Hamilton
Foto: AP
Lewis Hamilton

REPUBLIKA.CO.ID,SHANGHAI--Juara Dunia Grand Prix Formula 1 (F1) 2008, Lewis Hamilton, mengincar kemenangan pertamanya di Sirkuit Shanghai, Cina untuk musim balapan jet darat 2012.

Sayangnya Hamilton harus bekerja keras untuk mewujudkannya lantaran membutuhkan girboks baru mobil McLaren Mercedes yang ditungganginya, yang berarti ia akan dikenakan penalti lima posisi grid start.

Adanya hukuman penalti ini mengharuskan pebalap McLaren Mercedes tersebut paling tidak harus memulai balapan di posisi ke enam. Kondisi ini tentu saja semakin mempersulit langkah Hamilton untuk menjalani musim balapan F1 2012.

"Kami (McLaren Mercedes) ada masalah dengan girboks, jadi harus diganti. Jadi saya mendapatkan penalti lima posisi grid start," kata Hamilton kepada Sky Sports, Kamis (12/4).

Kendati bakalan terkena penalti, Hamilton berharap timnya akan tetap bisa mengejar seri balapan F1 musim ini. Pebalap yang pernah mencatatkan diri sebagai juara dunia termuda F1 itu tidak berkecil hati akan hukuman penalti ini.

"Tahun lalu saya memulai balapan di posisis ketiga, tapi akhirnya menang di Cina. Jadi kemungkinan apa pun bisa terjadi," ujar Hamilton.

Pebalap Inggris itu tidak menampik kalau dirinya kecewa memulai balapan dari posisi belakang. Namun, Hamilton menegaskan asalkan memiliki mobil cepat, kesempatan untuk memenangkan balapan masih tetap terbuka meski start dari posisi manapun.  

GP Cina akan dijadikannya pembuka kemenangan pebalap McLaren-Mercedes di 2012. "Saya masih jelas kali mengingat seri balapan di GP Cina. Saya menang di sana dua kali, Jadi saya membidik kemenangan di Cina," kata Hamilton seperti dikutip surat kabar Inggris, The Sun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement