Selasa 10 Apr 2012 17:48 WIB

Dansa Chaca Batal Dipertandingkan di PON 2012

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Dewi Mardiani
PON 2012 Riau
Foto: wikipedia
PON 2012 Riau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cabang olahrga (cabor) dansa chaca batal diikutsertakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012. Pembatalan pertandingan dansa chaca disebabkan oleh anggapan tidak memenuhi syarat yang ditetapkan PB PON Riau.

Ketua Harian PB PON Riau, Syamsurizal, menyampaikan bahwa cabor dansa chaca batal diikutsertakan, karena hanya empat provinsi yang ikut kualifikasi PON Riau. "Kami memperoleh datanya kemarin (9/4) bahwa Kalimantan Selatan tidak mengikuti kualifikasi Dansa yang diadakan di Yogyakarta pada 16 Desember 2011 lalu," katanya melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa (10/4).

Menurutnya, persyaratan cabor yang bisa dipertandingkan di PON adalah diikuti oleh sedikitnya lima provinsi. Dengan hanya diikuti oleh empat provinsi, lanjutnya, berarti cabor dansa chaca batal dimainkan pada PON Riau 2012. Sebelumnya, peserta cabur dansa chaca adalah Kalimantan Selatan, Jawa Barat, DI Yogyoakarta, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan. Namun, Kalimantan Selatan tak jadi mengikutinya.

Sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat telah menetapkan cabor dansa chaca masuk di PON Riau 2012 karena dianggap telah memenuhi syarat yang ditentukan. Cabor dansa chaca termasuk cabor tambahan yang diajukan ikut dimainkan di PON Riau, bersama cabor Hoki dan Drumband.

Sayangnya, cabor hoki dan drumband langsung didrop karena tidak memenuhi persyaratan. Cabor drumband hanya didaftarkan oleh Jawa Barat, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kaliamntan Timur, sedangkan hoki diajukan oleh Jawa Barat, Papua Barat, DI Yogyakarta, dan Kalimantan Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement