Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Siswa SD Akan Diberi Kambing dan Mesin Tenun

Senin 09 Apr 2012 01:04 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dewi Mardiani

Pelajar Sekolah Dasar. (ilustrasi)

Pelajar Sekolah Dasar. (ilustrasi)

Foto: Antara/Azi Fitriyanti

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta akan memberikan hewan ternak dan mesin tenun kepada siswa SD. Bagi siswa laki-laki akan mendapatkan 10 ekor kambing. Sedangkan, siswi perempuan mendapatkan mesin tenun. Bantuan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan akhlak anak sejak usia dini. Sehingga, ketika dewasa anak-anak tersebut bisa hidup mandiri dan berakhlah bagus.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, mengatakan, bantuan tersebut akan dianggarkan 2013 mendatang. Jadi, sejak dini mereka akan diberikan kewajiban untuk hidup mandiri. Serta mampu bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungannya. "Program tersebut mengadopsi kebiasaan nenek moyang kita dulu," kata Dedi, Ahad (8/4).

Kebiasaan tersebut, lanjut Dedi, ternyata memiliki nilai moral yang sangat positif. Anak laki-laki sejak dini dibentuk untuk bisa bertanggung jawab. Menggembala ternak itu tidak mudah. Bila kurang cermat bisa jadi hewan yang dipelihara itu akan mati akan menderita penyakit.

Jadi, anak laki-laki itu harus mampu mengatasi kesulitan sejak dia masih muda. Supaya, ketika dewasa dia tak lagi kaget dalam menjalani kehidupan. Meskipun kondisinya susah.

Begitu pula dengan anak perempuan. Zaman dulu, setiap anak perempuan bisa dikatakan dewasa ketika dia sudah pandai menenun benang. Benang yang ditenunnya itu kemudian membentuk helaian kain. Kain tersebut, selanjutnya dijadikan pakaian untuk menutupi auratnya.

"Konsep tersebut mudah. Tapi, pada saat ini sepertinya agak sulit diterapkan. Jadi, kebijakannya harus khusus," jelas Dedi.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA