Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

PKB: Pembangunan Infrastruktur Desa Alami Kegagalan

Jumat 06 Apr 2012 07:55 WIB

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Didi Purwadi

Marwan Jafar

Marwan Jafar

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infrastruktur masih menjadi persoalan serius di negeri ini, terutama di tingkat pedesaan. Tidak sedikit infrastruktur desa yang saat ini kondisinya amburadul tak terurus. Bahkan, masih banyak desa yang belum memiliki infrastruktur.

"Pembangunan jalan, akses penyediaan listrik, jembatan desa, dan irigasi desa, masih minim," jelas Ketua Fraksi PKB, Marwan Ja'far, saat dihubungi, Jumat (6/4).

Sarana air bersih, saluran air minum, pasar desa, dan sanitasi, tidak jauh berbeda. Marwan menilai semuanya masih buruk, sementara masyarakat sangat membutuhkan fasilitas tersebut.

Buruknya kondisi infrastruktur desa diperparah dengan tiadanya pemberdayaan desa. "Kehidupan di desa tidak mengalami kemajuan atau setidaknya berjalan sangat lambat," papar Marwan.

Marwan Jafar tidak menampik bahwa sudah tak terhitung program pemerintah yang dikucurkan ke desa. Umumnya program yang digulirkan mengarah pada pemberian bantuan fisik kepada masyarakat. Namun, ketika program berakhir, maka berakhir pula fungsi dari bantuan itu.

''Kalau melihat fakta itu, maka mindset dan program pemerintah perlu ditata dan tinjau lagi. Sebab, pasti ada faktor-faktor yang mempengaruhi gagalnya proyek infrastruktur desa dan pemberdayaan desa," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA